Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

KSAD Jenderal Andika Ingin Setiap RS TNI AD Dilengkapi Lab PCR

Selasa, 09 Juni 2020 – 06:06 WIB
KSAD Jenderal Andika Ingin Setiap RS TNI AD Dilengkapi Lab PCR - JPNN.COM
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengadakan rapai virtual dengan Kepala Kesehatan Daerah Militer (Kakesdam), Kepala Rumah Sakit TNI AD, dan RSPAD Gatot Soebroto terkait laporan penanganan COVID-19.

Selain itu, dibahas juga rencana penyediaan laboratorium PCR di rumah sakit TNI AD seluruh Indonesia.

Dalam rapat itu, para Kakesdam memberikan laporan kepada KSAD mengenai jumlah pasien yang mendapat perawatan di RS TNI AD setiap daerah.

Menanggapi hal tersebut, Jenderal Andika memberikan arahan kepada seluruh Kakesdam dan Kepala RS TNI AD untuk memanfaatkan terapi plasma konvalesen yang dilakukan RSPAD untuk pasien COVID-19.

“Meski RSPAD tidak besar, tetapi bisa melakukan yang belum tentu bisa dilakukan rumah sakit lain,” ujar Jenderal Andika.

Selain itu, Jenderal Andika juga merencanakan pembangunan laboratorium PCR untuk seluruh RS TNI AD, 63 RS intgkat II, III, dan IV serta lima RS bantuan.

“Lab PCR ini akan menggunakan ekstraksi RNA Robotic atau dengan komputer, sehingga kebutuhan analisnya akan lebih sedikit,” terang Jenderal.

Jenderal Andika menambahkan, pengadaan lab PCR tidak akan mengganggu ruangan atau gedung yang ada, karena diperlukan bangunan dengan kriteria bio safety level 3.

loading...