Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KTT Forum Sabuk dan Jalan: Jokowi Ingatkan China soal Prinsip Kesetaraan

Rabu, 18 Oktober 2023 – 19:52 WIB
KTT Forum Sabuk dan Jalan: Jokowi Ingatkan China soal Prinsip Kesetaraan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo tiba di Great Hall of The People, Beijing pada Rabu (18/10/2023) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt Road Forum (BRF). Foto: ANTARA/Desca Lidya Natalia

jpnn.com, BEIJING - Presiden Joko Widodo berharap agar Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Inisiative atau BRI) yang pertama kali diperkenalkan oleh Presiden China Xi Jinping pada 10 tahun yang lalu berlandaskan prinsip kemitraan yang setara.

"Proyek BRI harus berlandaskan prinsip kemitraan yang setara dan saling menguntungkan serta dilengkapi dengan perencanaan yang matang," kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt Road Forum (BRF) di Great Hall of The People, Beijing pada Rabu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara yang didahului dengan sambutan dari Presiden Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev.

Setelah Presiden RI, tampil juga Presiden Argentina Alberto Fernandez, Perdana Menteri Ethiopia dan terakhir sambutan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres.

"Penggunaan sistem pendanaan yang transparan, penyerapan tenaga kerja lokal dan pemanfaatan produk-produk dalam negeri," tambah Presiden.

Presiden Jokowi juga berharap keberlanjutan proyek BRI harus dipastikan untuk jangka panjang dan memperkokoh pondasi ekonomi negara.

"Bukan justru mempersulit kondisi fiskalnya," ungkap Presiden.

Tidak ketinggalan Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah China dan Presiden Xi Jinping atas kontribusinya bagi negara-negara berkembang melalui BRI.

Tidak ketinggalan Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah China dan Presiden Xi Jinping atas kontribusinya bagi negara berkembang

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close