Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kuba Memperingati Setengah Abad Revolusi

Generasi Muda Mulai Abaikan Semangat Anti-AS

Jumat, 02 Januari 2009 – 06:30 WIB
Kuba Memperingati Setengah Abad Revolusi - JPNN.COM
Foto : REUTERS
Pergantian tahun kemarin (1/1) punya makna tersendiri bagi Kuba. Seiring datangnya tahun baru, negeri Fidel Castro itu merayakan setengah abad bertakhtanya komunis dalam sendi-sendi pemerintahan republik paling utara Kepulauan Karibia tersebut. Namun, apa kabar semangat revolusi itu sekarang?

-----

TEPAT 50 tahun lalu, Castro dan kelompok gerilyawan Kuba sukses menggulingkan kepemimpinan Jenderal Fulgencio Batista yang dibekingi Amerika Serikat (AS). Tapi, revolusi berdarah yang membuka pintu bagi Castro untuk duduk di pucuk pemerintahan tertinggi tersebut, kini tinggal kenangan. Seiring berjalannya waktu, generasi muda Kuba tidak lagi merasakan semangat revolusi yang ditumbuhkan para pendahulunya. Saat ini, revolusi identik dengan pemerintahan Kuba yang sudah mulai rapuh termakan usia.

"Saya harap pemerintah bisa lebih maju dan berorientasi masa depan. Sebab, negara ini membutuhkan pembangunan dan perkembangan. Kita sudah sangat jauh tertinggal," kata seorang mahasiswa Kuba yang enggan menyebutkan namanya kepada CNN. Seorang yang lain menimpali, "Kuba perlu membuka lebih banyak kesempatan di bidang perekonomian dan tranportasi." Sederet ideologi yang diusung Castro dan pejuang revolusi lain pada masanya, kini luntur ditelan modernitas.

Pergantian tahun kemarin (1/1) punya makna tersendiri bagi Kuba. Seiring datangnya tahun baru, negeri Fidel Castro itu merayakan setengah abad bertakhtanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close