Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kubu Gusti Kanjeng Ratu Hemas Belum Pikirkan Ajukan PK

Kamis, 08 Juni 2017 – 15:57 WIB
Kubu Gusti Kanjeng Ratu Hemas Belum Pikirkan Ajukan PK - JPNN.COM
Irmanputra Sidin. Foto: Andrian Gilang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengacara Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Andi Irmanputra Sidin mengaku belum memikirkan untuk mengajukan peninjauan kembali terhadap putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

PTUN menolak permohonan yang diajukan GKR Hemas dan kawan-kawan terkait pelantikan Ketua DPD Oesman Sapta Odang alias Oso oleh Mahkamah Agung. ‎Putusan itu dibacakan dalam persidangan di PTUN Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (8/6).

"Kami belum sampai ke arah sana (PK). Karena sekali lagi, ini bukan persoalan pribadi, ini persoalan seluruh warga negara akan masa depan putusan MA, masa depan putusan pengadilan," kata Irman di PTUN Jakarta.

Irman menjelaskan, kekecewaan pasti dirasakan kubu Hemas setelah mendengar putusan majelis hakim. Namun, mereka harus menghormati putusan pengadilan. "Kami hormati dengan segala integritas dan kapabilitas dari para hakim," ucap Irman.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim ‎tidak melihat keputusan yang dikeluarkan MA cacat hukum. Majelis hakim juga menilai legal standing para permohonan dalam perkara tidak bisa diterima.

Anggota majelis hakim Nelvy Christin menyatakan, permohonan terkait sumpah pimpinan DPD bukan merupakan kewenangan PTUN. Pas‎alnya, hal itu adalah seremonial.

Keputusan itu diambil berdasarkan tanggapan beberapa ahli. Salah satunya adalah Yusril Ihza Mahendra.

"‎Tindakan pengambilan sumpah tidak bisa dijadikan sebagai objek sengketa di PTUN, karena merupakan tindakan seremonial ketatanegaraan," ucap Nelvy. (gil/jpnn)

Pengacara Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Andi Irmanputra Sidin mengaku belum memikirkan untuk mengajukan peninjauan kembali terhadap putusan Pengadilan

Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close