Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunci Hubungan Serius Terbuka Soal Seks

Jumat, 09 Mei 2014 – 10:34 WIB
Kunci Hubungan Serius Terbuka Soal Seks - JPNN.COM

jpnn.com - SELAIN karena perbedaan budaya, pemahaman akan pentingnya kesehatan reproduksi tampaknya ikut mendasari pemikiran para generasi muda di negara-negara Barat dalam mengartikan keseriusan sebuah hubungan.

Sebuah lembaga survei bernama Populus menggelar survei terhadap lebih dari 1.200 responden berusia antara 15 hingga 24 tahun. Mereka semua diminta berpikir aspek apa yang terpenting demi mendapatkan hubungan yang serius dan awet.

Hasilnya cukup mengejutkan, karena meskipun rata-rata responden masih berusia sangat muda, namun jawaban teratas mereka ketika ditanyai kunci hubungan serius adalah yang blak-blakan dan jujur tentang riwayat seks di masa lalu dan kemauan untuk berdiskusi serta menjalani tes infeksi seks menular bersama pasangan.

Jumlah responden yang menjawab seperti itu cukup besar, yaitu 70 persen. Secara kultural, ini juga jauh berbeda dengan pemahaman di negara-negara timur yang menganggap hubungan telah memasuki fase serius bila si calon suami/istri dibawa menemui orang tua.

Buktinya, hanya 66 persen remaja Inggris yang merasa menemui orang tua pasangan sebagai suatu hal yang penting. Disusul dengan tidak canggung meski terlihat tidak memakai make up sebesar 47 persen responden.

40 persen mengatakan diperkenalkan ke teman-teman sebagai indikator keseriusan hubungan. Dan 30 persen responden berpendapat berbagi lemari menunjukkan keinginan seseorang untuk hidup bersama dengan pasangannya dalam waktu lama.

Walaupun begitu, survei yang sama juga menemukan bahwa meski pemikiran mereka sudah terbuka, tapi banyak dari mereka yang tidak bisa mengaplikasikan hal ini. Separuh dari responden mengira pasangan mereka takkan mau berlama-lama menjalin hubungan jika sering diajak berdiskusi tentang IMS atau kontrasepsi.

Seperempat lainnya mengaku malu untuk membicarakan tentang kriteria seks yang sehat, risiko infeksi menular seksual maupun kontrasepsi dengan pasangannya.

SELAIN karena perbedaan budaya, pemahaman akan pentingnya kesehatan reproduksi tampaknya ikut mendasari pemikiran para generasi muda di negara-negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close