Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunci Jawaban UN Tersebar

Kisruh, Puluhan Lembar Soal Tertukar dan Rusak

Selasa, 21 April 2009 – 11:45 WIB
Kunci Jawaban UN Tersebar - JPNN.COM
GAGAL IKUT UN- Salah satu siswi (pake jilbab) SMU Negri 1 Cisauk, Tangerang Selatan gagal mengikuti Ujian Nasional karena sakit. Nampak siswi ini sedang dibopong teman dan gurunya ke ruang UKS sekolah. Foto: IRAWAN A/TANGSEL POS
JAKARTA– Ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia kemarin. Meski dinilai aman, pelaksanaannya masih diwarnai kendala serius. Mulai beredarnya kunci jawaban hingga lembar soal ujian yang tertukar. Selain itu, sebagian besar siswa mengeluhkan soal UN sangat sulit.

Beberapa kepala sekolah mulai resah. Menurut Kepala SMAN 24 Jakarta Idan Sudati,  saat ini banyak beredar kunci jawaban palsu di masyarakat. "Yang laporan anak-anak sendiri. Ada oknum  yang jual soal plus jawaban. Saya pesan kepada mereka jangan sampai percaya karena bisa merugikan mereka," terangnya.

Idan patut mewaspadai munculnya kunci jawaban palsu. Gara-garanya,  tahun lalu 24 anak didiknya tidak lulus UN lantaran memercayai jawaban palsu beredar. "Saya tidak ingin hal itu terulang. Anak-anak kami bekali dengan persiapan matang agar mereka percaya diri," ungkapnya.

Bukan hanya Idan, Koordinator UN SMAN 35 Saryono juga mengantisipasi persoalan itu. "Sejak awal, kami sudah mengantisipasi persoalan ini. Mudah-mudahan, kalau ada kunci jawaban palsu yang beredar, anak-anak melapor," ungkapnya. SMAN 35 menargetkan kelulusan unas anak didiknya tahun ini mencapai seratus persen.

JAKARTA– Ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia kemarin. Meski dinilai aman, pelaksanaannya masih diwarnai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA