Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungi Polda Sumut, Kepala BNPT Ingatkan Cegah Generasi Muda dari Sikap Intoleran

Rabu, 24 Januari 2024 – 13:02 WIB
Kunjungi Polda Sumut, Kepala BNPT Ingatkan Cegah Generasi Muda dari Sikap Intoleran - JPNN.COM
Kepala BNPT RI Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel bersama seluruh jajaran Polda Sumut. Foto: dok BNPT

jpnn.com, MEDAN - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengajak seluruh jajaran Polda Sumut untuk terus bersinergi jaga generasi muda dari bahaya ideologi kekerasan serta tidak lengah dalam menjaga negeri.

"Kalau mau menghancurkan negeri ini, hancurkan persatuannya, hancurkan toleransinya dan yang disasar itu generasi muda. Maka, kita harus jaga generasi muda agar tidak tersusupi paham - paham kekerasan. Jangan abai dan lengah menjaga negeri," jelas Rycko melalui keterangannya pada Rabu, 24 Januari 2024.

Dalam arahannya, Rycko juga menjelaskan bahan baku utama ideologi kekerasan adalah sikap intoleran. Menurutnya, jika generasi muda terpapar hal tersebut akan berdampak buruk pada keberlanjutan negeri.

"Bahan baku utama ideologi kekerasan adalah intoleran. Tidak dapat menerima perbedaan. Bisa dibayangkan kalau generasi muda kita diberikan pengaruh itu terus bagaimana bangsa ini ke depannya ? padahal negeri ini dibangun dari perbedaan," tambahnya.

Mantan Kapolda Sumut 2016 ini juga memaparkan fenomena zero attack 2023 tidak menutup celah berkembangnya sel-sel jaringan terorisme di bawah permukaan, dibuktikan dengan terjadinya migrasi anak - anak remaja dari toleran menjadi terpapar.

"Saya juga ingin menyampaikan satu fenomena atau temuan hasil penelitian I-Khub BNPT yang mana pada 2023 tidak ada serangan terorisme secara terbuka / zero attack, tetapi keberhasilan ini tidak menutup terjadinya penguatan sel - sel jaringan terorisme di bawah permukaan. Sebagai contoh, berdasarkan penelitian I-KHub BNPT tahun 2023 terjadi migrasi anak - anak remaja termasuk di kota Medan dari kelompok toleran migrasi ke intoleran pasif, kemudian menjadi intoleran aktif, hingga akhirnya terpapar" paparnya.

Menanggapi arahan tersebut, Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi, bersedia untuk turut bersama dalam mencegah penyebaran paham yang merugikan bangsa tersebut dengan pelibatan unsur TNI.

"Terima kasih BNPT telah datang, kami akan turut berkolaborasi dalam melakukan pencegahan tentu akan menggandeng TNI dalam prosesnya," ucapnya. (flo/jpnn)

Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengajak seluruh jajaran Polda Sumut terus bersinergi menjaga generasi muda dari bahaya ideologi kekerasan

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close