Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kurang, Inisiatif Gubernur Bangun Rumah MBR

Kamis, 12 Mei 2011 – 17:32 WIB
Kurang, Inisiatif Gubernur Bangun Rumah MBR - JPNN.COM

JAKARTA-Masih banyaknya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tidak mempunyai rumah, salah satunya disebabkan karena kurangnya inisiatif kepala daerah (kada). Kada mulai bupati, walikota sampai gubernur masih kurang sensenya untuk menyediakan lahan perumahan bagi rakyatnya karena enggan mengalokasikan anggaran di APBD-nya.

"Kepala daerah terutama gubernur harus punya inisiatif terkait program perumahan di daerah. Apalagi pembangunan perumahan merupakan urusan wajib pemda. Kenapa harus gubernur, karena bupati dan walikota bawahannya gubernur. Jadi gubernur yang harus proaktif memberikan dorongan," tegas Menpera Suharso Monoarfa di Jakarta, Kamis (12/5).

Dengan inisiatif tersebut, lanjutnya, secara tidak langsung akan mendorong peningkatan pembangunan perumahan di daerah. Selain itu, bagi masyarakat, khususnya MBR yang membutuhkan rumah layak huni akan terpenuhi. Apalagi saat ini jumlah kebutuhan rumah di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Masih tersedianya lahan yang cukup luas di daerah harus dimanfaatkan dan dikelola sedemikian rupa oleh pemda setempat. Kalau sekarang masih banyak pembangunan rumah tapak, ke depan harus dipikirkan alternatif serta lokasi untuk pembangunan hunian vertikal atau rusun," bebernya.

JAKARTA-Masih banyaknya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tidak mempunyai rumah, salah satunya disebabkan karena kurangnya inisiatif kepala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close