Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kurator dan Pengurus Rawan Jadi Objek Tindak Pidana dalam Kasus Kapailitan dan PKPU

Minggu, 06 Oktober 2024 – 11:30 WIB
Kurator dan Pengurus Rawan Jadi Objek Tindak Pidana dalam Kasus Kapailitan dan PKPU - JPNN.COM
Seminar Hukum Nasional bertajuk Fenomena Kriminalisasi Profesi Kurator dan Pengurus Dalam Porses PKPU dan Kepailitan yang diadakan Resha Agriansyah Learning Center (RALC). Foto: RALC

jpnn.com, JAKARTA - Seminar Hukum Nasional bertajuk Fenomena Kriminalisasi Profesi Kurator dan Pengurus Dalam Porses PKPU dan Kepailitan yang diadakan Resha Agriansyah Learning Center (RALC) mengungkap jenis tindak pidana yang mungkin akan dihadapi kurator dan pengurus dalam menangani perkara kepailitan dan PKPU.

Founder RALC Resha Agriansyah menyatakan akhir-akhir ini ada sejumlah kurator maupun pengurus yang terjerat pidana dan dianggap sebagai upaya kriminalisasi. Dan hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi para kurator dan pengurus di Indonesia, termasuk RALC.

“Saya prihatin karena bisa dibilang banyak rekan-rekan kita sesama kurator dan pengurus itu dilaporkan ke polisi, ke kejaksaan ketika menjalankan profesinya. Ini yang perlu kita bahas dengan panelis dari akademisi, dan juga bapak dari Bareskrim dan Kejaksaan,” kata Resha membuka seminar tersebut di bilangan Kuningan, Jakarta, Jumat (4/10).

Penyidik Madya Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Didik Sudaryanto mengungkap laporan kepolisian yang masuk mengenai profesi kurator mayoritas berkaitan dengan penggelapan, penipuan, dan pemalsuan surat.

“Yang banyak terjadi penggelapan, penipuan ada seperti penggelembuangan piutang, ada yang pemalsuan, tidak ada tagihan ketika ajukan PKPU, ini fakta dari peristiwa pidana juga ada,” kata Didik.

Didik mengatakan sebenarnya penyidik sudah memberi saran kepada pelapor agar menyelesaikan ini secara keperdataan, sebab ada aspek keperdataan dalam laporan tersebut. Namun pelapor tetap mengambil jalur pidana sehingga penyidik tidak mempunyai pilihan selain memproses laporan tersebut.

Kepala Sub Direktorat Prapenuntutan pada Direktorat Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara, Ketertiban Umum, dan Tindak Pidana Umum Lainnya di Kejaksaan Agung Syahrul Juaksha Subuki menambahkan yang disebutkan di atas, tindak pidana lain yang berpotensi menjerat kurator dan pengurus adalah Obstruction of Justice di Pasal 21 UU Pemberantasan Tipikor.

“Ini ada seseorang dalam satu kelompok jadi target dengan tuduhan OJ, modus menyembunyikan aset hasil tipikor. Kurator ada di dalam nanti bisa dianggap bagian dari itu, kami sudah pengalaman, ya, pengacara saja bisa dijerat dari itu. Unsur itu sangat sederhana, barang hasil tindak pidana kemudian digiring objek pidana, PKPU itu menghilangkan jejak, kurator bisa kena nanti,” terangnya.

Pengajar pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia Teddy Anggoro dalam diskusi ini menjelaskan pasal-pasal dalam KUHP yang memang berpotensi menjerat kurator.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA