Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kurikulum Sering Berubah, Anies: Kunci Kemajuan Pendidikan di Tangan Guru & Kepala Sekolah

Senin, 18 Desember 2023 – 19:37 WIB
Kurikulum Sering Berubah, Anies: Kunci Kemajuan Pendidikan di Tangan Guru & Kepala Sekolah - JPNN.COM
Capres Anies Baswedan bertemu dengan Ibu Megawati di Pasar Inpres Lubuklinggau, Senin (18/12/2023). Foto: dok TIMNAS AMIN

jpnn.com, LUBUKLINGGAU - Capres RI 01 Anies Baswedan mengatakan kunci kemajuan pendidikan di Indonesia sejatinya ada di tangan guru dan kepala sekolah.

Menurut Anies, kemajuan bidang pendidikan bukan bergantung pada kurikulum, seperti yang beberapa tahun belakangan ini terus-menerus diubah.

Calon presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan itu menilai kurikulum sebenarnya dibuat sebagai struktur agar interaksi antara pendidik dan peserta didik sama di semua tempat.

Namun, jika terus-menerus diubah, konsekuensinya justru pendidikan di Indonesia tidak akan mengalami kemajuan yang signifikan.

"Saya memandang kunci kemajuan pendidikan itu bukan pada gonta-ganti kurikulum, melainkan pada peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah," ucap Anies saat berdiskusi dengan para santri dan guru di Pondok Pesantren Modern Ar-Risalah, Lubuk??l?inggau, Sumat?era Selatan, Senin (18/12).

Mantan Gubernur Jakarta itu lantas menganalogikan situ?asi ini seperti kegiatan memanah. Dalam hal ini, tenaga pendidik diibaratkan sebagai si pemanah dan kurikulum adalah anak panahnya.

Kalau anak panahnya meleset, kata Anies, ini ibaratnya yang diganti itu anak panahnya terus, sedangkan yang memanahnya tidak pernah dilatih untuk memanah lebih baik.

"Sama seperti kurikulum yang terus-terusan diganti, tetapi tenaga pendidiknya tak pernah dilatih. Kalau begitu, ya, tidak akan pernah terjadi kemajuan," kata Anies.

Capres RI 01 Anies Baswedan menilai kunci kemajuan pendidikan adalah guru dan kepala sekolah, bukan gonta-ganti kurikulum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close