Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kutukan Juara Bertahan Bayangi Duel Jerman vs Meksiko

Minggu, 17 Juni 2018 – 17:34 WIB
Kutukan Juara Bertahan Bayangi Duel Jerman vs Meksiko - JPNN.COM
Pelatih Jerman, Joachim Low (tengah). Foto: AFP

jpnn.com, MOSCOW - Jerman akan memulai kampanye mempertahankan gelar di Piala Dunia 2018 melawan Meksiko di Luzhniki Stadium, Moscow, Minggu (17/6) mulai pukul 22.00 WIB.

Banyak publik yang menanti kiprah Jerman di Rusia 2018. Ini karena selain Brasil di Piala Dunia 1958 dan 1962, belum ada negara yang sukses mempertahankan gelar juara Piala Dunia.

Beberapa juara bertahan bahkan harus mengalami nasib tragis di Piala Dunia berikutnya.

Buat pelatih Joachim Low, kutukan juara bertahan Piala Dunia itu hanya sekadar kebetulan dan faktor keberuntungan saja. "Itu tidak akan terjadi pada kami," ujar Loew. (kar/jpc)

Daftar kegagalan para juara bertahan sejak Piala Dunia 1966:

- Piala Dunia 1966: Menjadi juara di dua perhelatan Piala Dunia terdahulu, Brasil gagal mempertahankan gelar mereka di tahun ini. Mereka kalah di fase grup setelah dipermalukan Hungaria dan Portugal.

- Piala Dunia 1970: Giliran Inggris yang menjadi juara Piala Dunia empat tahun sebelumnya tertimpa kutukan ini. Bertanding melawan Jerman Barat di babak perempat final, Inggris yang sudah menang 2-0 harus gigit jari setelah tim lawan membalikkan kedudukan menjadi 2-3.

- Piala Dunia 1974: Pele sukses membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1970. Namun, Tim Samba lagi-lagi gagal mempersembahkan gelar juara. Mereka tersingkir di babak kedua setelah kalah dari Belanda 0-2. Jerman Barat menjadi jawara di tahun ini.

Laga Jerman vs Meksiko akan berlangsung di Moscow, Minggu (17/6) mulai pukul 22.00 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close