Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

La Ode Ida Anggap KPK Telat Turun Ke Sultra

Rabu, 11 November 2015 – 01:18 WIB
La Ode Ida Anggap KPK Telat Turun Ke Sultra - JPNN.COM
KPK/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah memeriksa Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dan sejumlah bupati  di Sultra. Pemeriksaan menurut Ida, terkait dengan kebijakan kepala daerah setempat tentang tambang nikel atau korupsi hasil tambang termasuk di dalamnya kepemilikan rekening gendut para pejabat terkait di Sultra.

"Sebagian pihak, meskipun bersyukur KPK turun mengusutnya, tapi saya menilai langkah KPK itu sudah terlambat. Soalnya, masalah itu sudah berlangsung lama, sekitar empat atau lima tahun lalu di saat booming-nya ekspor bahan mentah nikel sehingga sekelompok pejabat sangat kaya raya," kata La Ode, Selasa (10/11).

Sebetulnya lanjut mantan senator dari Sultra ini, PPATK sudah menemukan dan melakukan validasi pemilik rekening gendut.Diantaranya adalah pejabat kepala daerah dari Sultra, yang hasilnya sejak beberapa tahun lalu disampikan ke KPK dan Kejaksaan Agung.

"Namun selama ini didiamkan saja. Kepolisian dan Kejaksan yang ada di Sultra pun diam seribu bahasa dan tutup mata. Saya duga itu sudah ditransaksikan. Maklum uang hasil 'jual tanah' dari Sultra ke luar negeri boleh dikatakan tak terhingga," ujarnya.

Jika KPK berhasil menggiring para pejabat dan pemilik rekening gendut di Sultra itu ke meja hijau, maka ini kembali permalukan jajaran Kejaksaan dan Kepolisian yang sehari-harinya ada di Sultra. "Apalagi pihak Jaksa Agung sudah berulang kali berjanji akan mengusut kasus rekening gendut kepala daerah di Sultra," imbuhnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah memeriksa Gubernur Sulawesi Tenggara

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close