Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Laksamana Yudo Tegaskan Pemindahan Koarmada I untuk Memantau Pergerakan di Laut China Selatan

Kamis, 03 Maret 2022 – 10:55 WIB
Laksamana Yudo Tegaskan Pemindahan Koarmada I untuk Memantau Pergerakan di Laut China Selatan - JPNN.COM
Laksamana Yudo Margono. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkap rencana pemindahan Markas Komando Armada (Koarmada) I dari Jakarta ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau (Kepri). 

Rencana itu juga sudah disampaikan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa beberapa waktu lalu.

Laksamana Yudo menjelaskan pemindahan Koarmada I itu karena melihat perkembangan lingkungan strategis yang sekarang ini, khususnya di Laut China Selatan di Singapura dan Selat Malaka, dan baratnya Sabang perbatasan dengan India. 

“Ini memerlukan pengawasan yang khusus di wilayah barat ini," kata Laksamana TNI Yudo Margono seusai membuka Rapim TNI AL di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/3). 

Selain itu, Yudo menambahkan pemindahan juga melihat dari efisiensi pergerakan kekuatan Koarmada I yang selama ini bermarkas di Jakarta. 

Menurutnya, pergeseran kekuatan dari Jakarta menuju Natuna membutuhkan waktu cukup lama. 

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang disampaikan Yudo kepada Jenderal Andika.

"Selama ini kalau kami menggeser kapal ke sana selalu tidak efektif dari Jakarta jauh sekali ke Natuna, sehingga pangkalannya nanti kami geser Tanjung Uban, di sana lebih dekat atau efektif untuk melaksanakan pergeseran unsur-unsur kami, operasi kami ke Natuna maupun ke Selat Malaka atau Singapura," ujarnya.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengungkap rencana pemindahan Koarmada I dari Jakarta ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau (Kepri). Salah satunya memantau pergerakan di Laut China Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close