Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Langgar Dukur, Musala Tua Berusia 125 Tahun

Rabu, 19 September 2018 – 06:01 WIB
Langgar Dukur, Musala Tua Berusia 125 Tahun - JPNN.COM
Pemandangan di dalam Langgar Dukur. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Di kawasan Lawang Seketeng Gang IV terdapat musala yang begitu khas. Seluruh bangunannya terbuat dari kayu jati tua. Oleh warga setempat, musala yang terletak di lantai 2 itu disebut Langgar Dukur. Usianya sudah mencapai 125 tahun. 

Untuk mencapai musala ini cukup sulit karena lokasinya nyelempit. Berada di tengah permukiman dan gang-gang sempit. Tak banyak yang tahu meski lokasinya hanya berjarak 100 meter dari Jalan Peneleh. Dari luar saja, musala tersebut sudah menunjukkan ciri arsitektur yang tak biasa. Tembok terbuat dari kayu jati dan bagian luarnya ditempeli potongan kayu. Persis sisik ikan.

Bangunan Langgar Dukur terdiri atas dua lantai. Lantai 1 difungsikan sebagai balai pertemuan warga, sedangkan lantai 2 digunakan untuk salat. Untuk menuju lantai 2, orang harus melewati tujuh anak tangga kayu dengan gaya miring.

Ya, harus miring. Sebab, bilah kayu di setiap anak tangga hanya selebar 15 cm. Untuk itu, kaki orang dewasa tidak bisa lurus saat memijaknya. Selain kaki, badan harus ikut nyerong ke samping jika ingin mudah meniti setiap anak tangga.

Bentuknya mirip atap rumah. Segi tiga. Ada ukiran di beberapa sudutnya. Mimbar itu terpasang di tembok. Menggantung setinggi 2 meter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Musala 
BERITA LAINNYA
X Close