Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lanjutkan Program Langit Biru, Pertamina Terus Kembangkan Biofuel Ramah Lingkungan

Rabu, 30 Agustus 2023 – 21:30 WIB
Lanjutkan Program Langit Biru, Pertamina Terus Kembangkan Biofuel Ramah Lingkungan - JPNN.COM
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menghadiri rapat kerja di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus mencanangkan program Langit Biru dengan mengembangkan bahan bakar kendaraan berbasis nabati atau bioenergi.

Penegasan tersebut disampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8).

Nicke menyampaikan Pertamina pernah menjalankan Program Langit Biru dengan menaikkan (kadar oktan) BBM subsidi dari RON 88 ke RON 90.

"Pertamina akan melanjutkan Program Langit Biru tahap kedua dengan menaikkan (kadar oktan) BBM subsidi dari RON 90 ke RON 92,” kata Nicke.

Nicke mengatakan program tersebut rencananya dilaksanakan mulai 2024, dan saat ini masih dalam tahap kajian dan nantinya akan diusulkan kepada pemerintah.

Dia menyampaikan sesuai dengan regulasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), RON minimal adalah 91.

"Tahun 2024 mohon dukungan, Pertamina akan mengeluarkan Pertamax Green 92 dengan mencampur Pertalite dengan ethanol tujuh persen, sehingga ke depan produk gasoline hanya ada Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo,” beber Nicke.

Menurut Nicke, langkah tersebut sudah sesuai dari aspek lingkungan karena dapat menurunkan karbon emisi dan juga dapat menurunkan impor gasoline.

Pertamina terus mengembangkan biofuel ramah lingkungan, salah satunya dengan rencana mengeluarkan Pertamax Green 92 pada 2024 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close