Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LaNyalla Menemui Jokowi, Ada Hal yang Sangat Penting

Selasa, 11 Juli 2023 – 11:52 WIB
LaNyalla Menemui Jokowi, Ada Hal yang Sangat Penting - JPNN.COM
LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Tim DPD

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti menemui Presiden Jokowi pada Senin (10/7).

Pada pertemuan itu, LaNyalla menyampaikan beberapa hal penting, salah satunya tentang pentingnya bangsa ini kembali kepada sistem bernegara yang dirumuskan para pendiri bangsa, seperti tertuang dalam UUD 1945, 18 Agustus 1945.

"Saya sudah sampaikan secara langsung kepada presiden, untuk memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi situasi global, sekaligus memastikan kedaulatan rakyat tersalur secara utuh, kita harus membangun kesadaran kolektif, dengan niat luhur untuk kembali kepada sistem asli yang dirumuskan para pendiri bangsa, tentu dengan melakukan penguatan di konstitusi asli dengan teknik adendum,” kata LaNyalla.

Salah satu penguatan untuk memastikan kedaulatan rakyat terukur adalah mengembalikan MPR sebagai lembaga tertinggi penjelmaan seluruh elemen rakyat, yang dihuni oleh anggota DPR, Utusan Daerah dan Utusan Golongan.

"Dengan kembali ke sistem asli, maka perekonomian Indonesia juga harus kembali kepada semangat untuk mewujudkan kesejahteraan, karena negara akan kembali berdaulat atas bumi air dan kekayaan di dalamnya, dan cabang produksi penting dikuasai negara. Ini sesuai naskah asli Pasal 33 UUD 1945 dan penjelasannya,” tutur LaNyalla.

LaNyalla juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi permasalahan Surat Ijo di Kota Surabaya yang konon tak kunjung selesai.

DPD sendiri sudah mempertemukan stakeholder terkait. “Namun, memang membutuhkan arahan dari presiden. Karena itu, saya sampaikan langsung agar Pak Jokowi memberi atensi khusus atas hal tersebut,” katanya.

LaNyalla juga menyinggu rencana pembangunan Bandara Internasional Bali Utara di Kabupaten Buleleng yang terhambat hingga saat ini, padahal masyarakat di sana sangat berharap, sebagai solusi mengatasi ketimpangan ekonomi antara Bali Selatan dan Bali Utara.

LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan beberapa hal penting, salah satunya soal sistem bernegara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close