Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lautan Indonesia Kaya Mikroba

Sabtu, 21 Februari 2009 – 12:13 WIB
Lautan Indonesia Kaya Mikroba - JPNN.COM
JAKARTA-Lautan Indonesia dilalui jalur kapal tanker internasional yang seringkali mencemari lingkungan, di sisi lain lautan Indonesia juga kaya mikroba pemakan minya yang mampu meremediasi kawasan terkontaminasi bahan bakar itu."Mikroba ini antara lain alcanivorax, rhododactar dan lain-lain yang perlu diberdayakan untuk mengurangi pencemaran laut," kata Peneliti Bioteknologi LIPI Ahmad Thontowi MSi yang berhasil meraih hibah dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) untuk risetnya, di Jakarta, Sabtu (21/2).

Senyawa yang terdapat pada perairan laut yang terkontaminasi minyak seperti Poliaromatik Hidrokarbon (PAH), ujarnya, bersifat toksit atau beracun, mutagen atau penyebab penyakit dan seringkali bersifat karsinogen atau penyebab kanker, sehingga tak bisa dibiarkan.

"Selama ini lautan yang kontaminasi tumpahan minyak baru bisa benar-benar bersih setelah 1-2 tahun kejadian tumpahan minyak, contohnya bocornya tanker di Spanyol," katanya.

Cemaran minyak di laut bisa diatasi secara fisik dengan mengambili minyak dari lingkungan, seperti yang dilakukan nelayan petambak yang kemudian menjual kembali tumpahan minyak tersebut.Selain itu juga dengan menggunakan cara kimia dengan menambahkan bahan kimia tertentu ke lingkungan laut untuk mengikat tumpahan minyak, ujarnya, namun cara ini tidak ramah lingkungan.

"Sedangkan bioremediasi atau teknik penanggulangan tumpahan minyak dengan menggunakan mikroba, masih belum dilakukan di Indonesia, padahal lautan Indonesia memiliki banyak jenis mikroba pemakan minyak," katanya.Saat ini pihaknya masih dalam taraf melakukan isolasi sejumlah mikroba dan mencari karakternya secara genetik, serta melihat bagaimana secara molekuler, kemampuan mikroba mendegradasi minyak.

JAKARTA-Lautan Indonesia dilalui jalur kapal tanker internasional yang seringkali mencemari lingkungan, di sisi lain lautan Indonesia juga kaya mikroba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close