Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Le Minerale dan Pemerintah Mendukung Ekonomi Sirkular di Indonesia Green Summit 2021

Rabu, 28 Juli 2021 – 11:54 WIB
Le Minerale dan Pemerintah Mendukung Ekonomi Sirkular di Indonesia Green Summit 2021 - JPNN.COM
Forum diskusi Indonesia Green Summit 2021 sesi Green Waste Management. Foto: Le Minerale

jpnn.com, JAKARTA - Upaya pengurangan dan pengolahan sampah bukan hanya tugas satu pihak. Butuh kerja sama pemerintah, produsen produk berkemasan, konsumen, hingga masyarakat umum.

Kolaborasi dan dukungan dari pemangku kebijakan akan menguatkan tata kelola sampah serta ekonomi sirkular.

Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan B3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Rosa Vivien Ratnawati mengatakan ada tiga pendekatan pengelolaan sampah yang dilakukan pemerintah, yakni minim sampah atau eco-living, ekonomi sirkular serta layanan, dan teknologi.

Wirausahawan sosial dan juga perusahaan swasta berperan penting dalam pendekatan ekonomi sirkular.

"Tentunya pemerintah membutuhkan dukungan dari semua elemen pemangku kepentingan termasuk masyarakat agar pengelolaan sampah ini bisa teratasi,” kata Rosa dalam forum diskusi Indonesia Green Summit 2021 sesi Green Waste Management yang diadakan secara virtual baru-baru ini.

Salah satu perusahaan Indonesia yang menggalakkan ekonomi sirkular adalah produsen AMDK, Le Minerale.

Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya Ronald Atmadja mengatakan Le Minerale mendukung penuh upaya pemerintah dalam pengelolaan sampah nasional dan ikut mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama mengelola sampah.

"Melalui program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale, kami berjuang untuk meningkatkan collection rate dan recycling rate tumbuh di atas 20 persen. Le Minerale akan terus mengedukasi konsumen untuk dapat memilah sampah, mengenalkan konsep ekonomi sirkular dan juga bermitra dengan siapapun yang mau bersama-sama mengelola sampah," kata Ronald seraya menambahkan saat ini Le Minerale terus menjajaki cara terbaik untuk mencapai sinergi optimal pengelolaan sampah plastik mulai dari pengumpulan hingga pemrosesannya.

Upaya pengurangan dan pengolahan sampah bukan hanya tugas satu pihak. Butuh kerja sama pemerintah, produsen produk berkemasan, konsumen, hingga masyarakat umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close