Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ledia DPR Ingatkan Menteri Nadiem Tentang 3 Kelompok yang Tertinggal

Sabtu, 04 Juli 2020 – 02:17 WIB
Ledia DPR Ingatkan Menteri Nadiem Tentang 3 Kelompok yang Tertinggal - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah mengingatkan kepada Mendikbud Nadiem Makarim tentang 3 kelompok yang tertinggal dari peta jalan pendidikan. Mereka adalah orang tua, siswa penyandang disabilitas dan guru honorer.

“Di saat kita sama-sama membahas soal merdeka belajar, keluarga sering kali dikatakan sebagai salah satu subjek penting dalam perkembangan pendidikan bagi siswa didik yang bahkan peran pentingnya tidak bisa disubstitusi oleh guru maupun sekolah tetapi justru di dalam peta jalan ini belum kelihatan di mana letak penguatan peran orang tua, juga bagaimana pola komunikasi antara pengelola penyelenggara pendidikan, guru, pemerintah dengan orang tua,” kata Ledia dalam rapat kerja dengan Mendikbud terkait Peta Jalan Pendidikan Indonesia pada Kamis (2/7) lalu.

Menurut Ledia, di dalam kondisi pandemi yang telah memaksa siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, peran orang tua menjadi sangat krusial untuk mendampingi anak belajar. Sementara tidak semua orang tua siap dan mampu menjadi mentor pembelajaran yang baik bagi anak terutama untuk persoalan pembelajaran yang bersifat kognitif.

Menurutnya, secara umum orangtua jelas bertanggung jawab dalam pendidikan anak, terutama dalam proses tumbuh kembang aspek afektif siswa. Namun di saat kita kini juga melibatkan orang tua juga untuk bertanggungjawab terkait pendidikan sekolah anaknya tentu kita pun harus membuka satu bagian dari peta jalan ini terkait bagaimana membangun ketahanan keluarga agar si anak bisa merasakan keterlibatan orangtua pada pendidikan anak dan orang tua tidak menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pendidikan pada sekolah.

Hal kedua yang diamati politikus PKS ini adalah terkait para siswa penyandang disabilitas. Di mana menurutnya dari peta jalan yang diajukan pihak Kemendikbud belum tampak mengakomodasi atau menempatkan secara khusus bagaimana rencana penanganan bagi para siswa penyandang disabilitas.

“Afirmasi bagi peserta didik penyandang disabilitas tidak nampak dalam peta jalan ini, apa rencana dan program bagi mereka serta bagaimana pola koordinasi dengan pemerintah daerah. Sebab, secara jumlah, kebanyakan peserta didik penyandang disabilitas berada di level sekolah dasar dan menengah baik di sekolah inklusi ataupun SLB yang secara teknis administratif berada di bawah kewenangan daerah,” kritisinya

Kelompok ketiga yang diamati Ledia masih tertinggal dalam peta jalan adalah para guru Non ASN atau yang lebih umum dikenal sebagai guru honorer.  Sekretaris Fraksi PKS ini melihat bahwa upaya penyelesaian solusi atas nasib mereka belum nampak di dalam peta jalan ini. Padahal jumlah guru honorer di Indonesia tidak sedikit, hampir mencapai angka 1 juta guru.

“Lebih dari 30% guru yang mengabdi dalam dunia pendidikan Indonesia adalah guru Non ASN, yang kita lebih kenal sebagai guru honorer. Sebagian besar dari mereka mengabdi di pedesaan termasuk yang berada di wilayah 3 T dengan segala kesulitannya. Persoalan terkait para guru honorer ini sudah menjadi PR menahun yang tak kunjung selesai. Sayangnya di dalam peta jalan yang diharapkan menjadi acuan pengembangan dunia pendidikan pun belum terlihat ada satu kerangka penyelesaian bagi para guru non ASN ini.”

Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah mengingatkan kepada Mendikbud Nadiem Makarim tentang 3 kelompok yang tertinggal dari peta jalan pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close