Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Legislator Minta Pemda Perkuat Kehidupan Sosial Ekonomi ODGJ Pasca-Rehab

Sabtu, 19 Juni 2021 – 09:34 WIB
Legislator Minta Pemda Perkuat Kehidupan Sosial Ekonomi ODGJ Pasca-Rehab - JPNN.COM
Anggota Komisi VIII DPR RI Syaiful Rasyid didampingi Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Eva Rahmi Kasim berkunjung ke Balai Budi Luhur Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (18/6), salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kementerian Sosial RI. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Untuk meningkatkan layanan kepada penyandang disabilitas, anggota Komisi VIII DPR RI Syaiful Rasyid menyerukan kepada pemerintah daerah (pemda) agar meningkatkan sinergi dengan Kementerian Sosial. Terutama agar penyandang disabilitas mental dapat melanjutkan fungsi sosial dan ekonominya setelah mendapatkan pembinaan Kemensos.

“Saya mengapresiasi layanan keterampilan yang dilaksanakan di balai ini. Di sini penerima manfaat mendapatkan keterampilan secara sosial ekonomi. Tinggal pemda perlu menyiapkan agar mereka dapat melaksanakan fungsi sosialnya sekaligus juga agar masyarakat menerima mereka kembali,” kata Syaiful Rasyid dalam kunjungannya ke Balai Budi Luhur Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (18/6).

Syarif hadir di salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kementerian Sosial RI itu didampingi Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Eva Rahmi Kasim. Turut hadir Wali Kota Banjarbaru yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembanguan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru.

Dalam kesempatan itu, Syarif mengapresiasi layanan keterampilan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dilaksanakan di Balai Budi Luhur.

Dia juga mendukung rencana Kementerian Sosial meningkatkan fungsi balai menjadi multifungsi dengan layanan yang terintegrasi dengan program lainnya baik yang ada di Kementerian Sosial maupun dengan instansi lainnya.

Setelah melihat langsung pelayanan pada Balai Budi Luhur yang menangani penyandang disabilitas mental, anggota Fraksi Gerindra Dapil Kalimantan Selatan tersebut menyadari pentingnya pelayanan rehabilitasi sosial.

“Balai yang melayani orang-orang terstigma atau terpinggirkan itu belum banyak disentuh oleh pemerintah dan masyarakat,” kata dia.

Menangani ODGJ, kata dia, tidak cukup dengan penanganan kesehatannya saja, tetapi juga perlu penguatan rehabilitasi sosial yang melibatkan juga peran pemda.

Untuk meningkatkan layanan kepada penyandang disabilitas, anggota Komisi VIII DPR RI Syaiful Rasyid menyerukan kepada pemda agar meningkatkan sinergi dengan Kemensos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close