Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Legislator Ungkap Pentingnya Penerapan PBI Jamsostek untuk Pekerja Informal

Selasa, 30 Januari 2024 – 17:00 WIB
Legislator Ungkap Pentingnya Penerapan PBI Jamsostek untuk Pekerja Informal - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengingatkan pentingnya perlindungan ketenagakerjaan bagi pekerja informal. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengingatkan pentingnya perlindungan ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja Indonesia.

Menurutnya, perlindungan dalam bentuk jaminan sosial merupakan kewajiban yang harus diberikan pemerintah Indonesia terhadap semua kalangan pekerjanya, formal maupun informal.

"Dengan demikian, seluruh pekerja di Indonesia bisa bekerja dengan aman dan nyaman," ujar Kurniasih seperti dikutip, Selasa (30/1).

Kurniasih menyebutkan bahwa jumlah pekerja informal di Indonesia tergolong besar, bahkan dapat disebut mendominasi dibandingkan segmen pekerja formal.

Namun, besarnya jumlah pekerja informal belum dibarengi kepesertaan mereka dalam BPJS Ketenagakerjaan, demikian dikatakan

“Maka, program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jamsostek sudah amat penting diterapkan. Mereka yang bekerja di sektor informal sejauh ini juga tidak mendapatkan jaminan keberlangsungan upah dari pekerjaannya,” kata Kurniasih.

Kurniasih mengatakan bila PBI Jamsostek terealisasi secara baik maka para pekerja informal di Indonesia hidupnya bisa lebih terjamin karena memiliki perlindungan jika mengalami risiko saat bekerja.

“Program PBI Jamsostek harus didukung dan didorong terlaksana secara optimal. Agar semua pekerja informal mempunyai jaminan sosial dalam kehidupan dan pekerjaan dilakoninya,” ujar Kurniasih.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengingatkan pentingnya perlindungan ketenagakerjaan bagi pekerja informal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close