Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lereng Gunung Arjuno Terbakar, Beginilah Kondisinya

Minggu, 27 Agustus 2023 – 22:27 WIB
Lereng Gunung Arjuno Terbakar, Beginilah Kondisinya - JPNN.COM
Kondisi kebakaran lahan semak belukar dan rerumputan di lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (27/8). Foto: dok. BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Lahan perbukitan dengan jenis vegetasi semak belukar dan padang savana di bukit Budug Asu, lereng Gunung Arjuno terbakar pada Sabtu (26/8) malam pukul 22.00 WIB.

Kebakaran lahan itu meluas hingga Curah Sriti dan Bukit Lincing yang masuk wilayah administrasi Desa Pasawahan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Lereng Gunung Arjuno Terbakar, Beginilah Kondisinya
Lereng Gunung Arjuno terbakar. Foto: dok BNPB

Hasil pemantauan sementara yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, kebakaran begitu cepat meluas karena faktor angin dan jenis vegetasi yang mudah terbakar.

"Kebakaran hutan itu telah meluas hingga memasuki wilayah Pasuruan dan Mojokerto," ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui siaran pers, Minggu (27/8).

Dia menjelaskan bahwa kondisi medan yang terjal berada di punggung lereng Gunung Arjuno menyulitkan tim gabungan untuk melakukan pemadaman.

Belum diketahui penyebab kebakaran lahan perbukitan tersebut. Luasan lahan terbakar juga masih dalam asesmen lanjutan.

Kebakaran di Lereng Gunung Ciremai Meluas

Sementara itu, kebakaran lahan di lereng Taman Nasional atau TN Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat yang terjadi pada Jumat (25/8), dilaporkan meluas hingga mencakup 151 hektare.

BNPB melaporkan lahan di lereng Gunung Arjuno terbakar, sedangk kebakaran lahan di TN Gunung Ciremai makin meluas. Begini kondisinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close