Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Sebut Perempuan Mampu Membangun Keluarga yang Sehat

Kamis, 07 Maret 2024 – 19:42 WIB
Lestari Moerdijat Sebut Perempuan Mampu Membangun Keluarga yang Sehat - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara kunci pada Diskusi Publik dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret, bertema Membangun Kepemimpinan Perempuan di Sektor Kesehatan yang diselenggarakan Pusat Kajian Jaminan Sosial Sekolah Kajian Stratejik dan Global di Jakarta, Kamis (7/3). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pelibatkan perempuan dalam proses pembangunan merupakan urgensi untuk menyikapi ragam krisis dan ketidakpastian dunia menuju kesejahteraan bersama.

Hal itu diungkapkan Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara kunci pada Diskusi Publik dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret, bertema Membangun Kepemimpinan Perempuan di Sektor Kesehatan yang diselenggarakan Pusat Kajian Jaminan Sosial Sekolah Kajian Stratejik dan Global di Jakarta, Kamis (7/3).

"Perempuan yang sehat berpotensi melahirkan perempuan yang berdaya dan mampu membangun keluarga yang sehat. Bila keluarga di Indonesia sehat tentu saja peluang untuk mewujudkan negara yang berdaya semakin besar," kata Lestari.

Menurutnya, mengandalkan perempuan sebagai pemimpin pada dasarnya mampu memberi kebaruan dalam mekanisme kepemimpinan berbagai bidang kehidupan dan peran signifikan lainnya.

Dia menyebut, kepemimpinan perempuan harus diupayakan melalui gerak bersama yang dimulai dari komitmen memberdayakan, menyudahi diskriminasi, memastikan tiadanya kekerasan, dan menguatkan perlindungan khususnya bagi perempuan.

"Pelibatan perempuan dalam kepemimpinan, sejatinya bukan merupakan hal baru dalam perkembangan peradaban Indonesia," tutur Rerie, sapaan akrab Lestari.

Sejarah Nusantara mencatat, tambah dia, perempuan berperan penting dalam menjaga keterhubungan antar-kesultanan karena keutamaan moral dan intelektual yang dimiliki.

Dia menjelaskan di Aceh bahkan terdapat 21 sultana yang memimpin kesultanan di Negeri Serambi Mekah itu.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pelibatkan perempuan dalam proses pembangunan merupakan urgensi untuk menyikapi ragam krisis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close