Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Ungkap Pentingnya Sertifikasi Bagi Ekonomi Kreatif

Jumat, 14 Juli 2023 – 16:14 WIB
Lestari Moerdijat Ungkap Pentingnya Sertifikasi Bagi Ekonomi Kreatif - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pentingnya standarisasi dan sertifikasi bagi sektor ekonomi kreatif. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pentingnya standarisasi dan sertifikasi bagi sektor ekonomi kreatif.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk mendorong pelestarian nilai-nilai budaya dan memajukan pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Lestari Moerdijat saat memberi sambutan secara daring pada acara Sosialisasi/Diseminasi Standarisasi Kompetensi Bagi SDM Ekonomi Kreatif bertema Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi SDM Ekonomi Kreatif, di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (14/7).

"Pelestarian budaya dilakukan agar nilai-nilai yang ada dalam tradisi tetap dapat dipertahankan baik dalam tradisi benda mau pun tak benda, meski telah terjadi proses perubahan," kata dia.

Selain itu, ujar Lestari, peningkatan daya tarik pariwisata juga harus dilakukan dengan mengedepankan aspek aksesibilitas, atraksi, dan fasilitas penunjang pengembangan.

Mengutip pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada Januari 2023, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari itu, sertifikasi dan standar kompetensi tenaga profesional diperlukan untuk menciptakan peluang kerja dan usaha bagi SDM pariwisata hingga ekonomi kreatif berkompeten.

Artinya, tegas Rerie, jangkauan standarisasi harus menyasar SDM pariwisata. Semisal pemandu wisata dan budaya yang mampu menjelaskan setiap produk kreatif kepada pengunjung.

"SDM pariwisata yang mampu mempromosikan setiap produk kreatif melalui pameran dan optimalisasi teknologi digital," ujar wanita yang juga menjabat legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pentingnya standarisasi dan sertifikasi bagi sektor ekonomi kreatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close