Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestarikan Penyu, Ini Yang Dilakukan BEM FIB UI di Taman Konservasi Sukabumi

Senin, 27 Juni 2022 – 11:12 WIB
Lestarikan Penyu, Ini Yang Dilakukan BEM FIB UI di Taman Konservasi Sukabumi - JPNN.COM
Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan BEM FIB UI 2022 bersama dengan IKM FIB UI mengadakan kegiatan Gerakan Teman Penyu pada Minggu (26/6). Foto: ANTARA/HO-BEM FIB UI

jpnn.com, PANGUMBAHAN - Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan BEM FIB UI 2022 berkomitmen mengambil peran dalam pelestarian penyu di Indonesia.

"Penyu memiliki peranan penting di dalam ekosistem laut. Gangguan nonalam, seperti pencurian telur penyu yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab merupakan suatu hal yang tidak boleh terjadi lagi," ujar Ketua BEM FIB UI 2022 Muhammad Arsyi Haykal di Jakarta, Senin (27/6).

Menurut dia, hal ini dapat dicegah dengan memberikan edukasi terkait pentingnya penyu dalam ekosistem laut melalui gerakan teman penyu yang diinisiatori oleh Departemen Pengmasling BEM FIB UI 2022.

Pada Minggu (26/6) dan Senin, Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan BEM FIB UI 2022 bersama IKM FIB UI mengadakan kegiatan Gerakan Teman Penyu.

Gerakan itu dilaksanakan di kawasan Taman Konservasi Penyu di Pangumbahan, Sukabumi, Jawa Barat.

Dilakukan beberapa kegiatan, yakni diskusi bersama pihak pengelola Taman Konservasi Penyu di Pangumbahan, rilis tukik sebagai bentuk pelestarian penyu, penanaman pohon pandan laut, dan ditutup dengan kegiatan bersih-bersih pantai di Taman Konservasi Penyu.

Seluruh rangkaian kegiatan ini adalah memberikan edukasi terhadap masyarakat secara umum terkait pelestarian penyu serta mengingatkan khalayak pentingnya menjaga lingkungan.

Ketua Pelaksana Teman Penyu 2022 Tania Adarani menambahkan, selain fokus pada pelestarian penyu, Gerakan Teman Penyu 2022 berfokus terhadap sampah, khususnya plastik yang terdapat di sekitar pantai Pangumbahan Turtle Park.

BEM FIB UI 2022 membuat Gerakan Teman Penyu untuk berperan melestarikan penyu dan ekosistemnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close