Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestarikan Wayang ala Widodo Basuki

Selasa, 25 September 2018 – 20:33 WIB
Lestarikan Wayang ala Widodo Basuki - JPNN.COM
Widodo Basuki. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Bagi penggemar wayang, nama Widodo Basuki sudah tak asing lagi. Pasalnya, kecintaan Widodo pada wayang sungguh luar biasa. Bahkan rumahnya di Desa Sukolegok, Sukodono pun penuh dengan lukisan wayang. Beragam bentuk. Ada yang surealis. Ada pula yang semiabstrak. Background dalam lukisan wayang itu cerah. Rata-rata perpaduan antara warna hijau dan kuning. Begitu pula dengan lukisan wayangnya. 

''Ini namanya wayang Jawa Timuran,'' ujar Widodo kepada Jawa Pos sambil menunjuk lukisan-lukisannya. 

Widodo lantas mengambil salah satu lukisannya yang tergantung di dinding. Yang diambil lukisan Gatotkaca. Dalam lukisan tersebut, Gatotkaca digambarkan mempunyai sayap yang cukup besar. Gigi taringnya tampak menonjol. ''Ciri wayang Jawa Timuran itu lebih realistis,'' ujarnya. 

Dia pun memberikan penjelasan kenapa Gatotkaca bersayap besar. Widodo ingin menggambarkan bahwa salah satu tokoh di dunia pewayangan itu akan mengeluarkan kesaktiannya. Terbang. Adapun gigi taring merupakan gambaran bahwa Gatotkaca dalam sejarahnya adalah anak Arimbi. ''Arimbi itu raksasa. Karena Gatotkaca anak raksasa itu, ada taringnya juga,'' katanya. 

Dia menegaskan, ada kepuasan batin saat melukis wayang. Kepuasan tersebut sulit dituliskan dengan kata-kata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   wayang 
BERITA LAINNYA
X Close