Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat IAPF, Puan Ungkap DPR dan Parlemen Afrika Bersinergi Perangi Mpox

Senin, 02 September 2024 – 10:16 WIB
Lewat IAPF, Puan Ungkap DPR dan Parlemen Afrika Bersinergi Perangi Mpox - JPNN.COM
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama pemimpin parlemen sejumlah negara dari Afrika saat mengikuti acara Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) yang dihelat DPR RI di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9/24). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, BALI - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Parlemen Indonesia dan Afrika sepakat bersinergi untuk memerangi wabah monkey pox (Mpox) atau cacar monyet yang tengah menjadi perhatian dunia.

Kesepakatan itu turut menjadi kesimpulan dalam Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) yang dihelat DPR RI.

“Kami tadi bersepakat memerangi Mpox, yang bukan hanya menyebar di Afrika dan Indonesia, tetapi juga di dunia,” ujar Puan Maharani seusai konferensi IAPF yang diselenggarakan di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9/24).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menegaskan parlemen dapat berperan dalam mengatasi berbagai isu global dan regional dengan jalur diplomasi damai.

Termasuk, kata Puan, pada isu kesehatan Mpox yang telah dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat global.

"Mpox menyebar bukan hanya di Afrika dan Indonesia, tetapi juga di dunia,” ujar Puan.

Dalam upaya mengurangi penyebaran Mpox di Tanah Air, pemerintah Indonesia telah melaksanakan beberapa langkah pencegahan, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan di setiap pintu masuk internasional.

Pemeriksaan tersebut meliputi pemasangan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang, terutama mereka yang baru tiba dari luar negeri.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Parlemen Indonesia dan Afrika bersinergi untuk memerangi wabah monkey pox (Mpox) atau cacar monyet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA