Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat KIM, Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat Jadi Lebih Dekat

Rabu, 27 Juli 2022 – 20:56 WIB
Lewat KIM, Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat Jadi Lebih Dekat - JPNN.COM
Diskusi bimbingan teknis pemanfaatan platform digital kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Foto dok Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kominfo memilik banyak media digital yang dikhususkan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk mendiseminasikan informasi.

KIM difasilitasi website dengan nama domain kim.id, yang sudah terdaftar resmi menjadi mitra dari Kementerian Kominfo juga Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota dan diakui oleh pemerintah.

“Website yang kami fasilitasi bagi KIM ini harus digunakan secara optimal. Untuk itu, kami melatih KIM untuk membuat atau mengunggah konten di website agar dapat dimanfaatkan untuk mendiseminasikan kegiatan mereka,” ujar Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama, Rabu (27/7).

Dalam praktiknya di lapangan, pola kerja dari KIM berbentuk kemitraan dengan pemerintah.

Kementerian Kominfo berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sementara KIM dan masyarakat sebagai aktornya.

“KIM dan pemerintah berada dalam kedudukan yang sama. Kami merasa saling membutuhkan atas tujuan yang sama untuk meliterasi digital masyarakat dalam komunikasi publik,” tutur Hasyim.

Dijelaskan Hasyim, KIM bekerja untuk membantu mendiseminasikan informasi, meliterasi digital masyarakat, juga untuk menyerap aspirasi yang ada di dalam masyarakat.

Dengan begitu, masyarakat lebih cepat terliterasi secara digital sehingga lebih mudah memahami informasi berkembang, termasuk informasi tentang capaian dan program pemerintah.

Kementerian Kominfo berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sementara KIM dan masyarakat sebagai aktornya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close