Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat KONEKSI, Indonesia-Australia Berkolaborasi untuk Kebijakan & Inovasi Inklusif

Senin, 13 November 2023 – 20:57 WIB
Lewat KONEKSI, Indonesia-Australia Berkolaborasi untuk Kebijakan & Inovasi Inklusif - JPNN.COM
Kementerian PPN/Bappenas, Badan Riset Nasional (BRIN) dan Duta Besar Australia untuk Indonesia meluncurkan kolaborasi inovatif terbaru Platform Kemitraan Pengetahuan Australia-Indonesia atau yang dikenal sebagai KONEKSI. Foto dok Bappenas

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian PPN/Bappenas, Badan Riset Nasional (BRIN) dan Duta Besar Australia untuk Indonesia meluncurkan kolaborasi inovatif terbaru Platform Kemitraan Pengetahuan Australia-Indonesia atau yang dikenal sebagai KONEKSI.

Inisiatif ini menandai langkah maju dalam sektor riset dan inovasi Indonesia, serta menunjukkan komitmen bersama kedua negara tetangga untuk mendorong kemajuan dan kemakmuran melalui kemitraan.

Kolaborasi yang dimaksud adalah kerja sama yang melibatkan pemerintah, industri dan institusi riset kedua negara yang mendorong hilirisasi penelitian dan pengembangan menjadi teknologi tepat guna untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan nasional.

KONEKSI mendorong kemitraan kolaboratif antara lembaga pengetahuan di Indonesia dan Australia untuk menyelenggarakan penelitian bersama.

“Saya senang dapat meluncurkan sebuah kolaborasi baru antara Australia dan Indonesia dalam bidang pengetahuan dan inovasi, yang memperkuat kerja sama kedua negara dalam mengatasi tantangan-tantangan sosial dan ekonomi,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM.

“KONEKSI telah menghasilkan capaian yang sangat signifikan, dengan terpilihnya 38 penerima hibah riset di bidang lingkungan dan perubahan iklim, yang melibatkan lebih dari 100 kemitraan antara institusi-institusi di Australia dan Indonesia,” tambahnya.

KONEKSI mendukung kemitraan yang tanggap akan kesenjangan pengetahuan, khususnya dalam memperkaya pengetahuan lokal, untuk menciptakan kebijakan dan inovasi inklusif yang responsif terhadap berbagai isu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengungkapkan antusiasme terhadap program KONEKSI yang dicanangkan lima tahun ke depan.

KONEKSI mendorong kemitraan kolaboratif antara lembaga pengetahuan di Indonesia dan Australia untuk menyelenggarakan penelitian bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close