Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat Teknologi Broadband 5G, Schneider Electric Dukung Terwujudnya Smart Cities

Selasa, 18 Juli 2023 – 03:41 WIB
Lewat Teknologi Broadband 5G, Schneider Electric Dukung Terwujudnya Smart Cities - JPNN.COM
Schneider Electric. Foto dok Schneider Electric

jpnn.com, JAKARTA - Schneider Electric Indonesia yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam pengembangan dan implementasi smart cities.

Roberto Rossi, Cluster President Schneider Indonesia dan Timor Leste menuturkan integrasi sistem, infrastruktur, dan pelayanan di kota-kota besar harus terus dilakukan dalam platform digital berbasis broadband berkecepatan tinggi 5G.

Hal ini untuk mencapai efisiensi, kualitas layanan, dan kelestarian sumber daya alam untuk menunjang kehidupan masyarakat modern di kota-kota besar Indonesia yang terus tumbuh dengan pesat.

“Hal mendasar yang harus segera kami kerjakan bersama adalah menggabungkan beragam pengendalian dan monitoring fasilitas dan infrastruktur utilitas menjadi sebuah sistem yang satu, sehingga pengambilan keputusan atau kebijakan yang menyangkut kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan kota dapat dilaksanakan secara tepat dan efisien berdasarkan sekumpulan data pemantauan real time di lapangan. Semuanya kami harapkan bisa segera dijalankan berbasis jaringan broadband 5G yang kuat,” ujar Roberto Rossi.

“Konsep dan solusi platform Unified Operation System/Sistem Operasi Gabungan untuk mewujudkan smart cities yang kami usulkan ke pemerintah dan stakeholder terkait lainnya adalah untuk mencapai kota dengan tingkat keberlanjutan dan resilien yang tinggi dalam jangka panjang," imbuhnya.

Sistem Operasi Gabungan (SOG) adalah perpaduan antara Teknologi Informasi (TI), Teknologi Operasional (TO), dan Teknologi Rekayasa (TR) – semuanya berbasis jaringan broadband 5G.

SOG akan menselaraskan beragam data yang berbeda, mengurangi kegiatan identifikasi antara aplikasi dan tipe data, serta yang paling penting adalah memberikan informasi yang harus segera ditindaklanjuti oleh tim operasional strategis.

Implementasi jaringan broadband 5G menjadi sangat krusial untuk mengejar target penerapan smart cities pada beberapa kota besar di Indonesia.

Schneider Electric, pemimpin global transformasi digital dalam manajemen energi dan otomasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close