Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Liga Belanda Dihentikan, Tak Ada Juara, Tanpa Degradasi

Sabtu, 25 April 2020 – 09:57 WIB
Liga Belanda Dihentikan, Tak Ada Juara, Tanpa Degradasi - JPNN.COM
Pemain Ajax dalam sebuah selebrasi gol. Foto: ANTARA/Twitter/@AFCAjax/aa.

jpnn.com, AMSTERDAM - Operator liga di Belanda memutuskan menghentikan Eredisivie (kasta pertama) dan Eerste (kedua) musim 2019/20, menyusul perpanjangan masa karantina wilayah pencegahan pandemi COVID-19 di negara tersebut hingga 1 September 2020.

Pihak operator bersama federasi sepak bola Belanda, KNVB, memutuskan musim ini Eredivisie dan Eerste Divisie tanpa juara maupun promosi/degradasi karena masih banyak sisa pertandingan yang belum dimainkan.

"Tidak ada juara, baik untuk Eredivisie maupun Eerste Divisie. Saat ini, dalam keadaan ini, tidak pantas membicarakan juara," demikian tulis pernyataan yang dilansir laman resmi Eredivisie.

Di Eredivisie saat ini, Ajax memimpin klasemen dengan raihan 56 poin dan hanya unggul selisih gol dibandingkan AZ Alkmaar di posisi kedua. Eredivisie masih menyisakan 8-9 pertandingan lagi sebelum musim ditangguhkan dan akhirnya dihentikan.

Sedangkan Eerste Divisie menyisakan sembilan pekan pertandingan lagi dan SC Cambuur Leeuwarden memimpin klasemen dengan koleksi 66 poin, unggul empat poin atas De Graafschap di posisi kedua.

Untuk alokasi tiket ke kompetisi antarklub Eropa, KNVB memutuskan membagikannya ke lima klub teratas klasemen terkini Eredivisie.

Pasalnya, partai final Piala Belanda antara FC Utrecht vs Feyenoord yang sedianya digelar 19 April juga batal digelar karena corona, sehingga jatah tiket ke fase grup Liga Europa diberikan ke tim urutan ketiga klasemen.

Maka, Ajax memperoleh tiket playoff Liga Champions dan AZ babak kedua kualifikasi Liga Champions. Feyenoord ke fase grup Liga Europa, sedangkan PSV Eindhoven dan Willem II bakal memulai di kompetisi itu dari babak kedua kualifikasi.

Ada yang menerima keputusan menghentikan Liga Belanda, tetapi ada yang kecewa berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close