Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihat, Ganjar Pranowo Asyik Menikmati Nasi Iriban

Kamis, 12 Maret 2020 – 18:36 WIB
Lihat, Ganjar Pranowo Asyik Menikmati Nasi Iriban - JPNN.COM
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sedang menikmati kuliner Nasi Iriban, Kamis (12/3/2020). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jawa Tengah

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo getol mempromosikan wisata kuliner yang ada di provinsi yang dipimpinnya.

Saat mengunjungi Desa Wisata Lerep, Kabupaten Semarang, Kamis (12/3), misalnya. Ganjar langsung menikmati kuliner Nasi Iriban.

Di acara Festival Nasi Iriban itu, warung-warung yang menjajakan Nasi Iriban dan menu tradisional lain, berjajar rapi dengan bangunan dari bambu serta beratap daun kelapa.

Di tengah warung-warung itu, terdapat sendang cukup besar yang dimanfaatkan untuk wisata air.

Di Desa Wisata Lerep ada tradisi setiap Rajab menjelang Bulan Puasa, di mana warga bergotong royong membersihkan sendang dan sumber mata air di desa masing-masing, kemudian warga menggelar acara makan bersama.

Nasi Iriban merupakan nasi dengan lauk sayur-mayur, ikan asin, tempe, dan jeroan ayam itu pada zaman dahulu hanya boleh disajikan saat acara tradisi tersebut.

Bentuknya hampir sama dengan Nasi Gudangan yang biasa ditemukan di berbagai daerah, namun bedanya, sayuran yang digunakan di Sego Iriban ini tidak direbus, melainkan dibakar menggunakan bumbung bambu muda.

"Saya tertarik karena katanya ada makanan unik. Ternyata ini, namanya Sego Iriban, ini makanan unik karena sayurannya tidak direbus, melainkan dibakar pakai bambu," kata Ganjar.

Saat mengunjungi Desa Wisata Lerep, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menikmati kuliner Nasi Iriban.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close