Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihat, KMP Aceh Hebat 1 Segera Melaut

Minggu, 27 September 2020 – 23:41 WIB
Lihat, KMP Aceh Hebat 1 Segera Melaut - JPNN.COM
KMP Aceh Hebat yang tengah dibangun di galangan kapal PT MOS, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Foto: Antara

jpnn.com, BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh tengah menunggu penyelesaian tiga kapal motor penumpang (KMP) yang dibiayai APBD. Tiga KMP itu ialah Aceh Hebat 1, Aceh Hebat 2, serta Aceh Hebat 3.

Khusus pembangunan KMP Aceh Hebat 1 telah memasuki tahap penyelesaian akhir. Menurut Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh Mahyus Syafril, peluncuran kapal berbobot 1.300 GT itu akan dilaksanakan pada pekan pertama Oktober mendatang.

"Sudah mencapai 92 persen sampai akhir Minggu ini. Rencananya (peluncuran) pada Minggu pertama Oktober, masih menunggu pemberitahuan berikutnya dari galangan," kata Syafril di Banda Aceh, Minggu (27/9).

Pembangunan KMP Aceh Hebat 1 dikerjakan di galangan kapal PT MOS, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Kapal tersebut direncanakan bersandar di provinsi berjuluk Tanah Rencong itu pada akhir Oktober.

Sebelumnya Pemerintah Aceh telah memesan tiga unit kapal roll on roll of (ro-ro) untuk melayani rute pelayaran di tiga pulau, yakni Singkil - Pulau Banyak, Balohan Sabang - Pelabuhan Ulee Lheu dan Lintasan Barat ke Pulau Simeulue.

Proses pengerjaan KMP Aceh Hebat 2 telah mencapai 89,3 persen. Adapun pengerjaan KMP Aceh Hebat 3 hingga pekan ini telah mencapai 89,5 persen .

Syafril menambahkan, ada beberapa bagian yang harus dirampungkan dalam pembangunan KMP Aceh Hebat 1. Di antaranya ialah stabilitas kapal dan pekerjaan interior.

"Peralatan navigasi, peralatan keselamatan, perangkat radio, radar, instalasi pelistrikan, dan beberapa lainnya," tuturnya.

Pembangunan KMP Aceh Hebat 1 di galangan kapal di Tanjung Balai Karimun telah memasuki tahap penyelesaian akhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close