Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Lihat, Menteri Muhadjir Membonceng Sepeda Motor ke Lokasi Longsor

Kamis, 14 Januari 2021 – 20:36 WIB
Lihat, Menteri Muhadjir Membonceng Sepeda Motor ke Lokasi Longsor - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy saat mengunjungi lokasi longsor di Kecamatan Cimanggung. Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis (14/1).

Untuk menuju lokasi bencana tersebut Muhadjir membonceng sepeda motor milik kepolisian setempat.

Bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (9/1) di desa itu telah menyebabkan 16 orang meninggal dunia dan berdampak pada tempat tinggal kurang lebih 600 warga. Menurut Muhadjir, penanganan pascabencana yang dilakukan petugas di lapangan sudah berjalan baik. 

"Kesimpulan saya semua sementara sudah tertangani dengan baik dan sekarang semuanya masih dalam proses penanganan," ujarnya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menjelaskan, masih ada beberapa hal penting di lapangan yang harus segera diselesaikan. Pertama ialah pencarian korban yang belum ditemukan.

Laporan awal menyebut 22 korban yang tertimbun tanah longsor telah dievakuasi, sedangkan 18 korban lainnya belum ditemukan. 

"Mudah-mudahan dengan penggalian,  jenazah ini bisa segera ditemukan," harapnya.

Kedua ialah  penanganan permukiman sementara. Muhadjir mengatakan, saat ini para pengungsi bisa tinggal di tempat penampungan yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang, atau di rumah kerabat.