Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihatlah Foto Ini, Apa Komentar Anda?

Kamis, 02 Maret 2017 – 20:21 WIB
Lihatlah Foto Ini, Apa Komentar Anda? - JPNN.COM
Dewi Mulyani dibonceng ayahnya Mardani dengan sepeda angin sambil membaca buku saat melintas di Jalan P Diponegoro, Palangka Raya, Kalteng, Rabu (1/3). Foto tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial. Foto: Agus Pramono/Kalteng Pos

jpnn.com - jpnn.com -Berapa banyak anak sekolahan yang bisa Anda lihat sedang membaca buku saat waktu luang? Seperti foto di atas.

Foto ini sedang ramai di media sosial Facebook dan Instagram. Seorang siswi yang dibonceng orang tuanya dengan sepeda angin, sambil membaca buku. Empat hari terakhir ini, sedikitnya 5900 pengguna Instagram menyukai dan 100 lebih komentar positif menghiasi salah satu akun informatif di media sosial tersebut.

Kemunculannya membuat hati terenyuh. Bagaimana tidak, kebanyakan anak didik sudah mulai meninggalkan buku dan lebih memilih menggunakan smartphone untuk mencari informasi maupun menambah ilmu pengetahuan. Atau hanya untuk sekadar asyik bermedsos.

Setelah ditelusuri Kalteng Pos (Jawa Pos Group), sosok tersebut adalah Dewi Mulyani, siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Palangka Raya. Saat ditemui di perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng dan ditunjukkan foto yang beredar di medsos, siswi yang memakai hijab itu terkejut. Bertanya-tanya ada apa dan siapa yang motret. Sebelum akhirnya dijelaskan. “Iya. Itu foto saya dengan bapak,” ucapnya.

Setiap hari Dewi dijemput oleh orang tuanya yang hanya seorang pemulung. Remaja 15 tahun yang tinggal di Jalan Kecipir itu memang gemar membaca buku. Pulang sekolah, sambil menunggu jemputan, waktunya dihabiskan untuk membaca buku di perpustakaan yang jaraknya sekitar 400 meter dari sekolahnya itu. “Sepulang sekolah saya ke sini. Nanti bapak jemput,” katanya.

Hal itu dibenarkan oleh petugas sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku, Elisabeth di perpustakaan tesebut. Memang hampir tiap hari dia di sini. Tapi tidak mengetahui jika dia dijemput menggunakan sepeda angin.

“Dia sudah menjadi member di sini. Hampir tiap pulang sekolah membaca dan meminjam buku. Terkadang pukul 16.00 WIB paling lama, dijemput orang tuanya,” ujarnya. (ram/fab/jpg/jpnn)

Berapa banyak anak sekolahan yang bisa Anda lihat sedang membaca buku saat waktu luang? Seperti foto di atas.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close