Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lomba Dumlap Taruna Siaga Bencana Diganjar Rekor MURI

Kamis, 21 Desember 2017 – 06:27 WIB
Lomba Dumlap Taruna Siaga Bencana Diganjar Rekor MURI - JPNN.COM
Penyerahan piagam MURI dalam lomba Dumlap Taruna Siaga Bencana. Foto: Istimewa

jpnn.com, SURABAYA - Lomba Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Terbanyak yang digelar Kementerian Sosial mendapat penghargaan dari MURI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial saat puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2017 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Rabu (20/12).

Dalam lomba tersebut, 38 mobil Dumlap Tagana Kabupaten/Kota se Jawa Timur diharuskan menyiapkan makanan sebanyak 300 bungkus dalam kurun waktu dua jam. Menunya adalah nasi, tumis kacang panjang, telur bumbu bali, dan sambal.

Lomba digelar pukul 04.55 dan berakhir pukul 06.55. Sedikitnya 11.400 nasi kotak berhasil disajikan dalam lomba tersebut yang hasilnya akan dibagikan kepada seluruh peserta puncak peringatan HKSN 2017.

Ada empat kriteria penilaian yang dilakukan oleh tim juri yakni kualitas makanan, proses memasak, standar safety, dan rasa makanan.

Hasilnya, Tim Tagana asal Kabupaten Trenggalek berhasil meraih juara I, disusul Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Banyuwangi di juara kedua dan ketiga.

"Ini menjadi modal Tagana untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para korban bencana," ungkap Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam siaran tertulisnya.

Khofifah mengatakan, Tagana bertugas dalam hal pemulihan dan penguatan sosial korban bencana alam serta kerjasama dan pengelolaan logistik hususnya dapur umum di pengungsian saat terjadi bencana. Dalam Standard Operasional Procedure , mewajibkan Tagana hadir maksimal 1 jam setelah terjadi bencana.

Lomba Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Terbanyak yang digelar Kementerian Sosial mendapat penghargaan dari MURI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close