Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Longsor di Arfak, 4 Orang Meninggal, 1 Selamat

Selasa, 28 Mei 2024 – 13:18 WIB
Longsor di Arfak, 4 Orang Meninggal, 1 Selamat - JPNN.COM
Tim petugas gabungan mengevakuasi korban tanah longsor di Distirk Minyambou, Pegunungan Arfak, Papua Barat, Senin (27/5/2024). ANTARA/HO-BNPB

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan empat orang meninggal dunia dan satu korban selamat dalam bencana tanah longsor di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa satu korban yang selamat saat ini sudah dalam perawatan di Rumah Sakit Warmare.

Pusdalops BNPB mengonfirmasi korban yang selamat tersebut ditemukan oleh tim petugas SAR gabungan beberapa saat setelah Distirk Minyambou dilanda tanah longsor pada Minggu (26/5), dan di saat yang bersamaan juga ditemukan dua korban meninggal dunia.

Kemudian, dalam proses operasi pencarian hari kedua, Senin (27/5) pukul 15.00 WIB, tim gabungan kembali menemukan dua korban lagi dalam kondisi meninggal dunia.

“Proses pencarian dilakukan penggalian dengan alat berat ekskavator di lokasi longsor. Dengan demikian, total korban tercatat empat orang meninggal dunia akibat kejadian ini,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (28/5).

Dia mengatakan dengan ditemukannya kelima korban tersebut, operasi pencarian yang dilakukan oleh tim petugas gabungan, Basarnas, BPBD, TNI/Polri dinyatakan ditutup.

Meski demikian, Tim SAR Gabungan masih berada di lokasi guna melakukan upaya percepatan penanganan dan mengantisipasi adanya potensi longsor susulan, sebagaimana prakiraan cuaca BMKG wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak masih berpotensi diguyur hujan dua hari ke depan.

BNPB mengimbau bila terjadi hujan lebat hingga jarak pandang berkurang dari 100 meter dalam durasi tiga jam lebih, masyarakat diharapkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman, khususnya bagi yang tinggal di daerah lereng tebing maupun bantaran sungai. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Empat orang meninggal dunia dan satu selamat dalam peristiwa tanah longsor di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close