Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Longsor Tambang di Gorontalo, 31 Orang Masih Dalam Pencarian

Kamis, 11 Juli 2024 – 04:41 WIB
Longsor Tambang di Gorontalo, 31 Orang Masih Dalam Pencarian - JPNN.COM
Proses evakuasi salah satu jenazah korban longsor yang terjadi di kawasan tambang rakyat Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. (ANTARA/Zulkifli Polimengo)

jpnn.com, GORONTALO - Akibat cuaca buruk, pencarian terhadap korban longsor pada hari keempat di kawasan tambang rakyat di Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo belum membuahkan hasil dan harus dihentikan.

Sejak pagi hingga malam hari sebagian besar wilayah Kecamatan Suwawa Timur tengah diguyur hujan dengan intensitas sedang.

"Melihat kondisi cuaca yang terus menerus hujan, personel gabungan yang ada di lokasi tidak bisa melaksanakan pencarian," kata Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo Ida Bagus Ngurah Asrama, Rabu.

Dia mengatakan kondisi cuaca buruk ini menjadi kendala utama yang dihadapi tim karena menghambat dan menyulitkan proses pencarian korban yang diduga kuat terkubur di dalam material longsor.

Oleh sebab itu, untuk pencarian korban hari ke empat ini belum membuahkan hasil dan rencananya aktivitas operasi SAR di lokasi tambang akan dilanjutkan Kamis pagi.

Sementara itu sampai pukul 18.00 Wita tercatat total keseluruhan korban yang telah terkonfirmasi di posko SAR sejumlah 144 orang, dengan rincian meninggal dunia 23 orang, selamat 90 orang, dan 31 orang masih dalam pencarian.

"Untuk personel yang sudah dua hari di lokasi, sebagian telah kembali ke posko SAR, bergantian dengan personel yang baru diberangkatkan tadi (Rabu, red) pagi," kata Ida Bagus Ngurah Asrama.

Para personel yang telah kembali dari lokasi operasi langsung menjalani sterilisasi menggunakan cairan desinfektan, karena mereka sempat bersentuhan langsung dengan jenazah yang sebelumnya ditemukan.

Akibat cuaca buruk, pencarian terhadap korban longsor pada hari keempat di kawasan tambang rakyat di Desa Tulabolo Timur, Gorontalo, belum membuahkan hasil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close