Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LPEI Bisa Dongkrak Ekspor

Kamis, 18 Desember 2008 – 08:12 WIB
LPEI Bisa Dongkrak Ekspor - JPNN.COM
JAKARTA - Pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) diharapkan bisa mendongkrak ekspor nasional di saat ekonomi dunia sedang melemah. Namun kalangan pengusaha meminta LPEI tidak hanya membiayai eksportir tetapi juga para importir di luar negeri.

"Untuk pembiayaan kepada importir pastinya LPEI harus bisa melakukan, apalagi jika itu untuk pembelian bahan baku yang ekspor," ujar Sekjen Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), Toto Dirgantoro kepada Jawa Pos, Rabu (17/12).Dia berpendapat, LPEI seharusnya bisa melakukan pembiayaan kepada importir diluar negeri sehingga bisa turut mendongkrak volume maupun nilai ekspor dari Indonesia. Dengan begitu, suramnya ekonomi dunia tahun depan dapat diatasi.

Toto mengatakan, LPEI akan sangat membantu produsen eksportir sepanjang pelaksanaannya dilakukan dengan benar dan tidak memakan jalur birokrasi yang selama ini cukup berbelit. Namun begitu, dia belum yakin LPEI sudah dapat berperan maksimal. Karena LPEI baru bisa beroperasi setelah enam bulan setelah RUU disahkan menjadi UU oleh DPR. "Jadi parketis 2009 baru untuk persiapan," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Djimanto mengatakan bahwa LPEI harus memiliki kewenangan untuk melakukan pembiayaan dari dua sisi (eksportir maupun importir). Dengan begitu, maka diharapkan kuantitas ekspor akan menjadi lebih besar. "Dengan membentuk LPEI, maka pembiayaan harusnya bisa dilakukan untuk importir di luar negeri dengan menunjukkan legal purchase (dokumen pembelian) dari eksportir," terangnya.

JAKARTA - Pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) diharapkan bisa mendongkrak ekspor nasional di saat ekonomi dunia sedang melemah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA