Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LPEI Dapat Suntikan Dana USD 580 Juta dari 2 Lembaga Keuangan

Senin, 28 September 2020 – 15:00 WIB
LPEI Dapat Suntikan Dana USD 580 Juta dari 2 Lembaga Keuangan - JPNN.COM
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank kembali mendapatkan suntikan dana untuk terus memperkuat strategi bisnisnya. Foto dok LPEI

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank kembali mendapatkan suntikan dana untuk terus memperkuat strategi bisnisnya.

Dua lembaga keuangan internasional itu yakni China Eximbank dan PT Bank ICBC Indonesia yang memberi dukungan pendanaan berupa pinjaman dengan total nilai mencapai USD 580 juta.

Pinjaman tersebut diberikan dalam bentuk term loan facility masing-masing dari China Eximbank senilai USD 200 juta dengan tenor tiga tahun dan PT Bank ICBC Indonesia dengan nilai USD 380 juta untuk tenor tiga dan 5 lima tahun.

Penandatanganan kerja sama pinjaman tersebut dilakukan secara terpisah di mana LPEI diwakili oleh Agus Windiarto dan Henry Sihotang sebagai Direktur Pelaksana LPEI dengan Gao Ning, Deputy General Manager of Corporate Banking Department China Eximbank dan Thomas Arifin, Direktur PT Bank ICBC Indonesia.

Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI Daniel James Rompas menyampaikan, 50 persen dari pinjaman China Eximbank, nantinya akan digunakan untuk mendukung keperluan pembiayaan modal kerja eksportir dengan prioritas pada proyek-proyek yang memfasilitasi perdagangan, investasi, dan infrastruktur antara Indonesia dan Tiongkok.

“Pinjaman tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja nasabah LPEI dalam rangka mendorong pertumbuhan ekspor dan impor antara Indonesia dan Tiongkok,” ucap D. James Rompas.

Menurut James, kerja sama antara LPEI dan China Eximbank menunjukkan sinergi antar Eximbank yang tergabung dalam The Asian Exim Banks Forum, semakin erat dan saling memperkuat di tengah situasi global yang penuh tantangan akibat pandemi COVID-19.

Sinergitas antara LPEI dan PT Bank ICBC Indonesia diharapkan akan membantu percepatan pertumbuhan ekspor nasional melalui penyaluran pembiayaan ke sektor-sektor yang berorientasi ekspor.

Kerja sama tersebut juga membuktikan bahwa LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan terus mendapatkan kepercayaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close