Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LPOI Bersama Para Ulama Sampaikan Petisi untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial

Kamis, 08 Februari 2024 – 08:07 WIB
LPOI Bersama Para Ulama Sampaikan Petisi untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial - JPNN.COM
Ketua Umum LPOI yang juga mantan ketum PBNU Kiai Said Aqil Siradj saat membacakan Petisi untuk demokrasi dan keadilan sosial pada Rabu (7/2/2024). Foto: Dok. LPOI

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 14 Ormas anggota Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) bersama ulama-ulama mengeluarkan ‘Petisi Ulama untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial” sebagai gerakan moral, kritik sosial dan advokasi keumata sekaligus sebagai bentuk keprihatinan atas krisis demokrasi dan realitas keadilan sosial di Indonesia yang makin mengkhawatirkan.

Ketua Umum LPOI Profesor Kiai Said Aqil Siroj menyatakan para ulama mensinyalir adanya fenomena keresahan sosial akibat ketimpangan ekonomi dan meluasnya praktik oligarki ekonomi.

Selain itu, berbagai pelanggaran pelanggaran konstitusi dan perundang undangan yang telah menimbulkan kegaduhan nasional, berkembangnya praktik mafia hukum khususnya dalam konflik agraria, sinyalemen ketidaknetralan/pemihakan dan intervensi oknum-oknum penyelenggara negara dalam Pilpres 2024.

“Hal ini berpotensi memicu ketidakteraturan sosial, mendorong ketidakpercayaan publik dan selanjutnya mendorong ketidakpatuhan sosial serta pada saatnya berpeluang menjadi chaos,” ujar Said Aqil saat menyampaikan petisi pada Rabu (7/2/2024).

Eks Ketua Umum PBNU ini menegaskan pembiaran terhadap kondisi tersebut akan berdampak sistemik terhadap masa depan demokrasi dan masa depan keadilan sosial di Indonesia.

“Gerakan ini semata-mata demi dan untuk menjaga agama dan negara serta melindungi kepentingan rakya,” ujar Kiai Said.

Kiai Said juga menegaskan gerakan ini untuk menjaga iman. Cinta tanah air sebagian dari iman.

Menurut Kiai Said, dengan dan atas nama cinta NKRI, ulama-ulama LPOI memandang perlu menyerukan kepada seluruh Umat, seluruh warga bangsa dan para penyelenggara negara untuk bersama sama berkomitmen menjunjung demokrasi dan menegakkan konstitusi dengan cara-cara yang konstitusonal, dan bila nyata-nyata terjadi pelanggaran segera ambil tindakan seadil-adilnya selaras hati nurani rakyat.

Sebanyak 14 Ormas anggota Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) bersama ulama-ulama mengeluarkan ‘Petisi Ulama untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close