Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luhut Marah-Marah, Prabowo Marah Besar, Gibran Idem

Minggu, 25 Agustus 2024 – 08:17 WIB
Luhut Marah-Marah, Prabowo Marah Besar, Gibran Idem - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Golkar Periode 2024-2029 Bahlil Lahadalia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Dahlan Iskan tampaknya masih penasaran dengan situasi dan dinamika politik belakangan ini, khususnya tentang Golkar dan UU Pilkada.

Dalam tulisannya berjudul Sutradara Agung, kolumnis berusia 73 tahun itu bak sedang melacak siapa tokoh di belakang layar yang membidani lahirnya kegaduhan politik menjelang Pilkada 2024 ini.

"Mencari siapa sutradara politik di balik akal-akalan belakangan ini sama sulitnya dengan mencari siapa Raja Jawa seperti yang dimaksud oleh Bahlil Lahadalia, ketua umum baru DPP Partai Golkar," tutur Dahlan.

Menurut Dahlan, dahulu, setiap ada keanehan politik selalu orang menuding Luhut Binsar Pandjaitan atau LBP sutradaranya. LBP sendiri sering bingung: "saya”?

Dahlan pun sibuk mencari siapa sutradara di balik layar sandiwara seputar Golkar dan UU Pilkada.

"Sampai muncul humor politik terbaik tahun ini: sebesar-besar pohon beringin akan tumbang di tangan tukang kayu," tutur Dahlan dalam tulisannya.

Dalam penelusurannya, Dahlan justru menemukan siapa orang pertama yang menciptakan humor politik tersebut, yakni Muhammad Qodari, pemilik lembaga survei.

"Saya pun bertanya kepadanya (Qodari): siapa sutradara agung akal-akalan politik belakangan ini? Dia tidak segera menjawab," tutur Dahlan.

Ini sama sulitnya dengan mencari siapa Raja Jawa seperti yang dimaksud oleh Bahlil Lahadalia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA