Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luncurkan Buku Islam di Krimea, MUI Serukan Perdamaian Dunia

Rabu, 20 Maret 2024 – 19:07 WIB
Luncurkan Buku Islam di Krimea, MUI Serukan Perdamaian Dunia - JPNN.COM
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan solidaritas dukungan atas kemerdekaan Muslim Tartar Krimea dan berharap perang di sana segera berakhir. Foto: Dok. MUI

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan solidaritas dukungan atas kemerdekaan Muslim Tartar Krimea dan berharap perang di sana segera berakhir.

Selain itu, MUI juga mendorong agar semua pihak menjaga perdamaian dunia dan menjadikannya komitmen global.

"Peperangan di atas muka bumi harus dicegah dan diselesaikan," kata Wakil Sekretaris Jenderal MUI Arif Fahrudin saat peluncuran buku berjudul Islam di Krimea, baru-baru ini.

Buku Islam di Krimea ditulis oleh Yanuardi Syukur, pengurus Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional MUI yang pernah melakukan kunjungan ke Ukraina.

Penulisan buku itu menjadi salah satu upaya untuk membuka fokus studi baru terkait wilayah Islam yang di luar Timur Tengah atau Asia Tenggara, melainkan sebuah wilayah di timur Eropa, yakni Krimea.

"Solidaritas kemanusiaan harus diusahakan oleh semua pihak termasuk umat beragama melalui mekanisme hukum yang berlaku baik di skala nasional, regional, maupun internasional," ungkapnya.

Dari studi Islam di Krimea, Yunardi mulai menyusun berbagai informasi tentang Muslim di sana serta dinamika regional yang terjadi sepanjang dua abad terakhir pascaruntuhnya Ke-khan-an Krimea yang pernah berkuasa hampir tiga abad.

Hal itu termasuk keberadaan Rusia sejak abad ke-18 yang menduduki Krimea, dan pemerintah Moskow dengan baju Uni Soviet telah menganiaya umat Islam dengan pendudukan Krimea sejak tahun 2014.

Luncurkan Buku Islam di Krimea, MUI serukan perdamaian dunia atas kemerdekaan Muslim Tartar Krimea

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close