Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maaf Pak JK, PAN Tolak Perppu Ormas demi Konstituen

Rabu, 01 November 2017 – 17:27 WIB
Maaf Pak JK, PAN Tolak Perppu Ormas demi Konstituen - JPNN.COM
Taufik Kurniawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sindiran Wakil Presiden Jusuf Kalla terhadap Partai Amanat Nasional (PAN) yang berbeda sikap dengan pemerintah terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) yang disetujui jadi UU, direspons oleh Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan.

Dengan nada pembelaan, Taufik mengisyaratkan bahwa partai berlambang matahari terbit yang berada di koalisi pendukung pemerintah, lebih mementingkan aspirasi konstituen dalam menyikapi Perppu Ormas yang diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Artinya kami PAN juga memiliki hal yang sangat berkaitan dengan konstituen," ucap Taufik menanggapi sindiran JK di kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (1/11).

Dia menegaskan bahwa dalam hal strategis lainnya, partai besutan Amien Rais tidak selalu berseberangan dengan pemerintah. Contohnya menyangkut UU APBN 2018, PAN malah tidak memberikan catatan apa pun karena melihat postur belanja negara sudah ideal untuk pembangunan nasional. Begitu juga dengan Tax Amnesty.

"Hanya saja seperti disampaikan ketua umum, kan banyak aspirasi yang terkait dengan konstituen. PAN juga menjadi bagian dinamisasi yang ada di internal, pasti ada hal-hal yang kedekatanlah pada ormas-ormas yang paling tidak terkait ormas keislaman," tutur wakil ketua DPR itu.

Karena itu, dia menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah. Yang jelas, katanya, hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat secara umum, PAN akan tetap menghormati dan mendukung pemerintahan Jokowi-JK.

"Kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah, artinya dalam posisi tertentu kita melihat bahwa inilah yang dimaksud kaitan perbedaan maupun pandangan yang terkait dengan kondisi kita mempertimbangkan konstituen yang ada," pungkas Taufik.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengkritik partai koalisi pemerintah yang tidak mendukung kebijakan pemerintah. Seperti halnya dalam pembahasan Peraturan Pengganti Undang-undang Organisasi masyarakat (Perppu ormas) menjadi undang-undang.

Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan merespons sindiran Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait Perppu Ormas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close