Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Magetan Diterjang Puting Beliung

Rabu, 11 Desember 2019 – 22:04 WIB
Magetan Diterjang Puting Beliung - JPNN.COM
Ilustrasi puting beliung. Foto: Antara

jpnn.com, MAGETAN - Sejumlah desa di enam kecamatan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dilanda angin puting beliung hingga merusak bangunan rumah dan menumbangkan pepohonan, Rabu (11/12).

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan mencatat angin kencang terjadi di Kecamatan Panekan, Karas, Sukomoro, Maospati, Barat, dan Sidorejo," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra kepada wartawan.

Menurut dia, pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Glodok-Simo, Desa Karas, Kecamatan Karas; jalan penghubung Desa Bogem-Truneng, Desa Bogem, Kecamatan Sukomoro; Jalan Raya Turi-Banjarejo, Kecamatan Panekan; di Desa Cepoko, Kecamatan Panekan; jalan penghubung Desa Terung-Widorokandang; dan RT 10, RW 02, Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo.

"Selain itu, juga ada di Desa Karangsono dan Tebon, Kecamatan Barat. Beberapa hari ini, hujan deras dan angin kencang sangat berpotensi di Magetan," kata dia.

Fery menyebut pohon tumbang di Magetan itu sudah ditangani, sedangkan bangunan rusak masih didata. Sebagian besar bangunan rumah yang rusak sudah ditangani warga sendiri. Meski demikian, pihaknya terus melakukan pemantauan.

"Kerusakan tidak terlalu parah. Sementara ini belum ada laporan korban jiwa ataupun luka," kata dia lebih lanjut.

Fery mengimbau warga untuk waspada jika terjadi hujan lebat disertai angin puting beliung. Berdasarkan informasi BMKG, prakiraan peningkatan curah hujan secara signifikan akan terjadi pada Januari hingga Maret 2020. Meski demikian, bulan Desember yang merupakan pancaroba awal musim hujan juga perlu diwaspadai.

Bencana yang sama terjadi di Kabupaten Madiun. Tercatat, angin kencang menerjang wilayah Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun.

Puting beliung merusak bangunan rumah dan menumbangkan pepohonan di sejumlah desa di Kabupaten Magetan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close