Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahasiswa Kenali Langsung Proses Bisnis Bea Cukai Lewat Program Campus Goes to Customs

Selasa, 01 Oktober 2024 – 14:24 WIB
Mahasiswa Kenali Langsung Proses Bisnis Bea Cukai Lewat Program Campus Goes to Customs - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai menjelaskan ke mahasiswa tentang peran instansi tersebut dalam proses ekspor. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, PURWOKERTO - Bea Cukai mengedukasi para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi dalam kunjungan studi yang bertajuk 'Campus goes to Customs'.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah Bea Cukai untuk mengenalkan tugas dan fungsinya kepada masyarakat.

“Kunjungan studi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang peran Bea Cukai dalam perekonomian negara,” kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Budi Prasetiyo dalam keterangan resminya, Selasa (1/10).

Dalam kunjungan studi yang dilaksanakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pada Selasa (24/9), Bea Cukai Purwokerto berikan sosialisasi terkait peran instansi tersebut dalam proses ekspor.

Bea Cukai memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi penerimaan negara dari sektor impor dan ekspor.

Hal ini mencakup pemungutan bea masuk (saat impor), bea keluar (saat ekspor), pajak dalam rangka impor, dan cukai (terhadap barang kena cukai).

Bea Cukai juga berperan memberikan bimbingan teknis kepada para pelaku usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dapat melakukan ekspor mandiri.

Melalui program Klinik Ekspor, Bea Cukai memberikan informasi terkait perizinan dan prosedur ekspor untuk membantu pelaku usaha memahami ketentua kepabeanan yang berlaku.

Para mahasiswa mengenali langsung proses bisnis yang dilakukan Bea Cukai saat melakukan kunjungan studi bertajuk 'Campus goes to Customs'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA