Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahasiswa Terjerat Kabel Fiber Optik di Jaksel, Pemprov DKI Didesak Bertanggung Jawab

Rabu, 02 Agustus 2023 – 19:38 WIB
Mahasiswa Terjerat Kabel Fiber Optik di Jaksel, Pemprov DKI Didesak Bertanggung Jawab - JPNN.COM
Polisi melakukan olah TKP. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Tata Kota Universitas Trisaksi Nirwono Joga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk turut bertanggung jawab atas kasus mahasiswa korban kecelakaan lalu lintas akibat terjerat kabel menjuntai.

Diketahui, mahasiswa itu terjerat salah satu kabel optik di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan.

“Kasus terjeratnya leher warga oleh kabel fiber optik harus menjadi momentum Pemprov DKI Jakarta untuk mempercepat pemindahan seluruh sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) ke bawah tanah atau trotoar,” ucap Nirwono saat dihubungi, Rabu (2/8).

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta harus berani bertanggung jawab keamanan dan keselamatan warga DKI terhadap seluruh SJUT yang ada di wilayahnya.

“Sehingga dalam kasus warga terjerat kabel pemda tidak boleh lepas tangan atau menyalahkan perusahaan kontraktor kabel utilitas tersebut,” kata dia.

Dosen Universitas Trisakti ini juga meminta agar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi untuk memanggil kontraktor pelaksana pemasangan serat optik tersebut untuk bertanggung jawab penuh terhadap korban.

Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI juga didesak untuk segera mempercepat pengesahan Perda SJUT agar pelaksanaan pemindahan jaringan utilitas ke bawah tanah atau trotoar bersamaan dengan kegiatan revitalisasi trotoar.

“Selain itu, kontraktor tersebut masuk daftar hitam atau dilarang beroperasi lagi dan pemilik serat optik juga diberi sanksi tegas atau hingga pencabutan surat izin usaha,” tambahnya.

Nirwono Joga meminta Pemprov DKI untuk turut bertanggung jawab atas kasus mahasiswa korban kecelakaan lalu lintas akibat terjerat kabel menjuntai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close