Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Urgensi Pemprov DKI Jakarta Segera Tertibkan Kabel Semrawut di Ibu Kota

Jumat, 01 Desember 2023 – 10:11 WIB
Urgensi Pemprov DKI Jakarta Segera Tertibkan Kabel Semrawut di Ibu Kota - JPNN.COM
Ilustrasi kabel listrik dan kabel optik yang semrawut. Foto dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memulai rencana pembenahan besar-besaran terhadap kabel fiber optik yang semrawut di beberapa wilayah ibu kota sebagai bagian dari proyek Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT).

Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan penurunan kabel udara di sepanjang jalur Senopati, Jakarta Selatan pada Kamis lalu (23/11).

Penurunan ini dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo dan Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin. Turut mendampingi juga direksi PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) selaku BUMD yang memiliki penugasan penataan SJUT.

Penurunan kabel ini merupakan bagian dari proyek SJUT yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi infrastruktur kota, yang telah lama dihantui oleh masalah kabel semrawut yang tidak hanya merusak estetika kota tetapi juga menimbulkan risiko kecelakaan dan kebakaran.

Sepanjang tahun 2023, Jakarta telah menyaksikan berbagai insiden serius akibat kabel semrawut, termasuk kecelakaan yang menimpa pengemudi ojek online, Vadim (38), yang meninggal dunia terkena kabel listrik yang melintang di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakbar pada Jumat malam (28/7).

Hal serupa juga dialami Sultan Rif’at Alfatih (20). Dia menjadi korban kabel melintang di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan pada Kamis (5/1).

Akibat terjerat kabel, Sultan selama tujuh bulan hanya bisa makan dan minum dari selang di hidungnya.

Banyaknya korban dan potensi bahaya serta kerusakan estetika pemandangan kota, membuat pembangunan jalur khusus utilitas di bawah tanah menjadi suatu hal penting dan mendesak untuk dilakukan segera di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta memulai rencana pembenahan besar-besaran terhadap kabel fiber optik yang semrawut di beberapa wilayah ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close