Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahasiswa Tiongkok Dipersulit di Australia

Rabu, 05 Februari 2020 – 22:33 WIB
Mahasiswa Tiongkok Dipersulit di Australia - JPNN.COM
Larangan penerbangan terkait wabah Virus Corona menyebabkan banyaknya mahasiswa yang sempat ditahan di bandara dan sebagian langsung dipulangkan. Pihak universitas meminta maaf atas perlakuan tersebut. Foto: Reuters

Asosiasi perguruan tinggi Australia mengecam tindakan petugas bandara terhadap mahasiswa asal Tiongkok terkait wabah Virus Corona. Para mahasiswa diinterogasi berjam-jam, ada yang visanya ditangguhkan, ada juga yang langsung dipulangkan.

Mahasiswa Tiongkok Dipersulit:

  • Tindakan tegas petugas perbatasan Australia terhadap mahasiswa asal Tiongkok dikecam oleh asosiasi perguruan tinggi yang menuntut permintaan maaf
  • Sektor pendidikan tinggi di Australia sangat bergantung pada mahasiswa asal Tiongkok yang jumlahnya kini mencapai 189 ribu, 155 ribu di antaranya kuliah di universitas
  • Pendidikan tinggi berkontribusi sebesar 37,6 miliar dolar atau sekitar Rp 376 triliun pada perekonomian Australia di tahun anggaran 2018/2019.

 

Asosiasi bernama Universities Australia ini menyebutkan para mahasiswa asal Tiongkok merasa tertekan setelah ditahan oleh petugas bandara ketika larangan perjalanan mulai berlaku.

Mereka mendesak Pemerintah Australia untuk meminta maaf kepada mahasiswa yang mengalami interogasi dan penahanan berjam-jam tersebut.

Sedikitnya 80 warga Tiongkok termasuk para mahasiswa dihentikan petugas di Bandara Sydney pada hari Minggu (2/2/2020). Hal yang sama juga terjadi di Bandara Melbourne dan Brisbane.

Ketua Universites Australia Catriona Jackson menyatakan pihaknya telah menyampaikan permasalahan ini kepada Menteri Dalam Negeri Peter Dutton.

Dia berharap Mendagri Dutton meminta maaf secara resmi kepada warga asal Tiongkok yang "diperlakukan dengan buruk" tersebut.

"Kami mendapat laporan dari pejabat universitas yang mengatakan para mahasiswa ini sangat tertekan," kata Catriona kepada ABC Radio.

Asosiasi perguruan tinggi Australia mengecam tindakan petugas bandara terhadap mahasiswa asal Tiongkok terkait wabah Virus Corona

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close