Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahawan Beberkan Kunci Atasi Krisis Utama Global, Simak Nih

Sabtu, 10 September 2022 – 23:21 WIB
Mahawan Beberkan Kunci Atasi Krisis Utama Global, Simak Nih - JPNN.COM
Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (ILUNI SIL UI) Mahawan Karuniasa. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Program Lingkungan PBB atau UNEP (United Nations Environment Programme) menyimpulkan ada beberapa krisis utama global.

Krisis itu meliputi perubahan iklim, pencemaran sampah atau limbah, serta degradasi alam dan keanekaragaman hayati.

Selain itu, masyarakat global juga dihadapkan pada krisis energi dan pangan sebagai akibat Covid-19, perang Rusia-Ukraina, dan dampak maupun kegagalan upaya menghadapi perubahan iklim di 2022.

Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (ILUNI SIL UI) Mahawan Karuniasa mengatakan penanggulangan krisis itu membutuhkan kolaborasi yang kuat pengambil kebijakan dan akademisi.

Menurut dia, kolaborasi tersebut dapat menghasilkan kebijakan berbasis sains untuk inovasi dan solusi.

"Namun, salah satu masalah utamanya yang dihadapi ialah kolaborasi antara dan lintas akademisi saja juga masih minim," ujar Mahawan dalam acara Green Campus di Universitas Indonesia yang diselenggarakan secara online, Sabtu (10/9).

Dia mengatakan para akademisi hendaknya lebih aktif untuk mencari solusi mengatasi krisis global tersebut.

"Tidak hanya pemerintah yang perlu lebih membuka diri, sebaliknya akademisi juga perlu lebih aktif dalam pengabdian masyarakat," kata Mahawan.

Program Lingkungan PBB atau UNEP (United Nations Environment Programme) menyimpulkan bahwa terdapat beberala krisis utama global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close